Berita Palembang

BPOM Sumsel Sebut Produk Tahu dari Pabrik yang Digerebek Mengandung Formalin Tinggi

Untuk lebih memastikan berapa banyak kadar formalin yang dicampurkan ke dalam tahu, BPOM langsung melakukan tes.

BPOM Sumsel Sebut Produk Tahu dari Pabrik yang Digerebek Mengandung Formalin Tinggi
TRIBUNSUMSEL.COM/M Ardiansyah
TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG - Untuk lebih memastikan berapa banyak kadar formalin yang dicampurkan ke dalam tahu, BPOM langsung melakukan tes. 
Hasilnya sungguh sangat mengejutkan. Formalin yang dicampurkan ke tahu yang akan di jual ke pasar ternyata mengandung sangat tinggi formalin.
Ini dibuktikan dari hasil tes air yang diambil dari tahu menunjukan perubahan berwarna ungu pekat. Perubahan warna ungu pekat terlihat dan ini menunjukan bila formalin yang dicampurkan sangat banyak.
Sebelumnya Ditreskrimsus Polda Sumsel menggerebek pabrik pembuatan tahu yang dicampur formalin di Jalan Setunggal Lorong Sekolah 1 Kelurahan 8 Ilir IT III Palembang, Jumat (13/4/2018).
Modus yang digunakan pemilik pabrik tahu mencampurkan formalin ke dalam tahu, ketika tahu usai di produksi. Air formalin dicampur ke dalam tahu yang sudah diletakan di dalam ember. Setelah dicampur, barulah tahu berformalin ini dibawa ke pasar untuk di jual ke pedagang.
"Saya peringatkan, para pembuat tahu berhenti untuk mencampurkan formalin ke tahu yang sudah diproduksi. Kalau tidak mau masuk penjara, sekarang berhentilah mencampur formalin," ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara di lokasi penggerebekan.
Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved