Home »

News

Negara Indonesia Kaya Minyak, Ternyata Hanya Mitos Ini Faktanya!

Adanya anggapan selama ini negara Indonesia adalah negara kaya minyak, ternyata saat ini hanyalah sebuah mitos belaka.

Negara Indonesia Kaya Minyak, Ternyata Hanya Mitos Ini Faktanya!
Tribunsumsel.com/Arief Basuki Rohekan
Negara Indonesia Kaya Minyak, Ternyata Hanya Mitos Ini Faktanya! 

TRIBUNSUMSEL.COM, JOGYAKARTA - Adanya anggapan selama ini negara Indonesia adalah negara kaya minyak, ternyata saat ini hanyalah sebuah mitos belaka.

Sebab, Indonesia bukan negara produsen minyak seperti pada tahun 1990an.

Hal ini disampaikan External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Aria Dwiparamita disela- sela presentasi proses bisnis, isu terkini dan tanya jawab, pada acara Media Values Day, di Yogyakarta, Jumat (6/4/2018).

Baca: Wow ! 7 Artis Ini Rela Berhenti dari Dunia Hiburan Demi Ikut Suami Kerja, Nomor 7 Paling Tajir

"Fakta atau mitos negara Indonesia adalah negara kaya migas? Ternyata sekarang hanya mitos, karena ada perbedaan negara produsen dan konsumsi," katanya.

Dijelaskan Aria, negara bisa dikatakan kaya minyak itu jika produksi minyaknya melebihi dari jumlah konsumsi dari minyak itu setiap harinya.

"Dulu pada tahun 1990an Indonesia produksi minyaknya mencapai sekitar 1,6 juta barel per hari, sementara  konsumsi masyarakat saat itu sekitar 800 ribu barel per hari," ucapnya.

Baca: Perbaikan Jembatan Endikat, Jalur Tanjung Tebat Kabupaten Lahat Tak Bisa Dijadikan Jalur Alternatif

Diungkapkan Aria, dengan pertumbuhan penduduk, industri yang menjadikan konsumsi minyak meningkat, menjadikan produksi dan konsumsi minyak berbalik, yang menjadikan Indonesia bukan negara produsen lagi, dan keluar dari OPEC.

"Sejak 2013 grafik produksi sudah menurun. Dimana pada tahun 2018 kebutuhan konsumsi minyak di Indonesia mencapai 1,6 juta barel per hari,

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help