Aptisi Dukung Penuh Bakal Ada Pinjaman Bank untuk Mahasiswi Kurang Mampu

Pinjaman kepada siswa/mahasiswa kurang mampu atau yang dikenal dengan sebutan student loan disambut baik oleh Aptisi Sumsel Babel

Aptisi Dukung Penuh Bakal Ada Pinjaman Bank untuk Mahasiswi Kurang Mampu
google.com
ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Adanya himbauan Presiden RI, Joko Widodo yang meminta perbankan menyediakan model kredit atau pinjaman kepada siswa/mahasiswa kurang mampu atau yang dikenal dengan sebutan student loan disambut baik oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) wilayah II A Sumsel Babel.

"Kami dari Aptisi tentunya sangat mendukung ada imbauan atau kebijakan ini karena sangat membantu bagi mahasiswa," ketua Aptisi wilayah II A Sumsel, Drs Muhammad Helmi, MS ujarnya, Senin (19/3).

Dulu, lanjutnya kebijakan semacam ini ada di zaman era Suharto di tahun 80an yang dikenal dengan kredit mahasiswa Indonesia atau KMI. Dan ia pun sempat merasakan hal tersebut dan sangat membantu dikala itu untuk melanjutkan kuliah hingga lulus.

"Kalau dulunya namanya kredit mahasiswa Indonesia, dan saya pernah menikmatinya. Memang pada waktu itu belum ada PTS dan baru PTN saja," kata pengamat ekonomi ini.

"Kalau dulu jaman saya pinjaman kredit itu sangat mudah. Namun memang jaminannya adalah ijazah kita, jika sudah lunas maka ijazah bisa diambil kembali," ungkap dia. Jika memang nantinya himbauan Presiden ini akan ditindaklanjuti oleh para perbankan maka sangatlah baik. Karena ini tentunya juga dapat memberikan juga keuntungan bagi bank itu sendiri.

"Kalau kita lihat kan ini intruksi kepada bank komersil. Tentu akan ada persyaratan tersendiri bagi penerima atau yang bisa mengajukan kredit mahasiswa ini," bebernya. Setiap bank pasti akan mencari kriteria bagi penerima kredit bagi mahasiswa ini dengan memikirkan benefit yang didapatkan bank tersebut.

"Kita harapkan bantuan semacam ini dapat ditingkatkan terus oleh pemerintah. Apalagi pinjaman seperti ini tentu sangat kami dukung karena ini sangat membantu mahasiswa terutama bagi yang kurang mampu," tegasnya.(rie)

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help