Berita Pagaralam

Yopa Rela Melakukan Ini, Agar Masyarakat Pagaralam Gemar Membaca

Yopa berharap apa yang dilakukannya ini akan bermanfaat bagi orang banyak.

Yopa Rela Melakukan Ini, Agar Masyarakat Pagaralam Gemar Membaca
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Dua orang anak melihat-lihat buku di Pustaka Bergerak milik Yopa (37), warga Kota Pagaralam di kawasan Alun-alun Utara Kota Pagaralam. Puluhan buku disajikan untuk dibaca secara gratis oleh pengunjung, Minggu (25/2/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Sungguh mulia apa yang dilakukan Yopa Sahaya (37), warga Indragiri, Kota Pagaralam. Sejak beberapa bulan terakhir ini, ia berkeliling membawa puluhan buku untuk dibaca masyarakat secara gratis.

Minggu (25/2/2018), pria yang bekerja sebagai wiraswasta ini menggelar lapak buku di Alun-alun Utara Kota Pagaralam. Puluhan buku disusun beralas baliho, selanjutnya ia menawarkan kepada masyarakat atau anak-anak di sekitar untuk memilih sendiri buku untuk dibaca.

Tampak satu persatu pengunjung Alun-alun mendatangi lapak pustaka miliknya. Mulai dari anak-anak sampai dewasa tampak antusias membaca buku yang disediakannya.

Sebagai salah satu anggota dari Komunitas Pagaralam Membaca Yoga punya impian besar untuk membuat masyarakat Pagaralam gemar membaca. Karena itu, ia membuat Pustaka Bergerak untuk semua masyarakat Pagaralam. Dengan mengendarai sepada Yopa keliling disetiap pelosok Kota Pagaralam sambil membawa puluhan buku yang akan dibuka saat sudah sampai dipermukiman warga.

"Saya sudah sejak empat bulan belakangan ini keliling Pagaralam untuk mengajak masyarakat minat membaca. Dengan pustaka bergerak saya ini saya keliling menggunakan sepeda dan kadang pakai sepeda motor keliling ke pelosok-pelosok membawa pusatakaan bergerak saya ini," ujarnya.

Yupo mengatakan dirinya merupakan salah satu anggota dari Grup Pusataka Bergerak Indonesia juga anggota dari Komunitas Pagaralam Membaca. Sejak tergabung dalam komunitas tersebut dirinya sering mendapat kiriman berbagai jenis buku bacaan dari para donatur dari seluruh Indonesia.

"Baru-baru ini saya baru dapat kirikan buku dari kawan-kawan dari Aceh. Kirimam buku ini dikirim dari aceh tanpa ada ongkos kirimnya. Pasalnya presiden Jokowi memberikan fasilitas pengirikan buku gratis lewat kantor pos setiap tanggal 17," jelasnya.

Yopa berharap apa yang dilakukannya ini akan bermanfaat bagi orang banyak. Karena dengan membaca akan banyak ilmu dan informasi yang didapat masyarakat. Yopa juga mengajak masyarakat Pagaralam untuk ikut menjadi donatur buku.

"Jika ada masyarakat yang ingin menyumbangkan buku bacaan bisa langsung hubungi saya di nomor ini 081360510310," katanya. (one/sp)

Editor: Eko Adiasaputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved