Berita PALI

Sejumlah Permukiman di PALI Terendam, Anak-anak Tetap Asyik Main Air

Air masuk ke permukiman penduduk setempat yang lokasinya tidak jauh dari Sungai Lematang

Sejumlah Permukiman di PALI Terendam, Anak-anak Tetap Asyik Main Air
TRIBUNSUMSEL/ARI WIBOWO
Anak-anak tampak asyik bermain air luapan Sungai Lematang yang merendam permukiman di desa mereka, Minggu (25/2/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI - Hujan deras yang mengguyur Bumi Serepat Serasan sejak satu pekan terakhir, mengakibatkan debit air Sungai Lematang meluap dan merendam permukiman di Desa Curup dan sekitarnya dalam wilayah Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI.

Air masuk ke permukiman penduduk setempat yang lokasinya tidak jauh dari Sungai Lematang dengan ketinggian air bervariasi mulai 30 centimeter sampai 1 meter.

"Setiap hujan deras pasti (permukiman) desa ini terendam, karena sungai Lematang meluap. Separuh permukiman penduduk di desa kami terkena banjir," kata kepala Desa Curup, Ballian, Minggu (25/2/2018).

Diakui Ballian, tak sedikit warga yang bertani padi terpaksa memanen lebih awal tanamannya karena takut debit air akan bertambah tinggi merendam tanamannya dan mengakibatkan gagal panen.

"Selain rumah, sebagian sawah petani yang ditanami padi hampir panen terendam dengan ketinggian sekitar 30 sampai 50 centimeter. Termasuk lahan sawah milik keluarga kami juga terendam dan kami putuskan memanen padi lebih awal," jelas Ballian.

Sementara itu, Junaidi Anuar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI mengimbau warga agar mewaspadai tingginya intensitas hujan dalam satu pekan terakhir ini, terutama daerah di bantaran sungai Lematang maupun dekat aliran sungai.

"Banjir dan longsor kapan saja bisa terjadi saat cuaca seperti ini. Angin kencang dan sambaran petir juga kerap terjadi. Untuk itu, warga tetap waspada," ujar Junaidi. (aww)

Editor: Eko Adiasaputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved