Berita Muratara

Deteksi Dini Penyakit di Masyarakat, Dinkes Muratara Mulai Lakukan Hal Penting Ini

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muratara akukan investigasi atau pendataan penyakit di tengah masyarakat guna mengidentifikasi

Deteksi Dini Penyakit di Masyarakat, Dinkes Muratara Mulai Lakukan Hal Penting Ini
Tribunsumsel.com/Farlin Addian
Deteksi Dini Penyakit di Masyarakat, Dinkes Muratara Mulai Lakukan Hal Ini 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muratara akukan investigasi atau pendataan penyakit di tengah masyarakat guna mengidentifikasi dan pemetaan penyakit, Rabu (14/2/2018).

Menurut Kepala Dinkes, dr Marhendra Putra bahwa langkah tersebut untuk mengetahui berbagai perkembangan penyakit dan sumbernya dimasyarakat, dimana pendataan yang dilaksanakan dibantu anggota yang bertugas di Puskesmas masing-masing kecamatan.

"Sekarang kami sedang melakukan pendataan keluarga sehat, sebagaimana ini merupakan program diseluruh kabupaten, kota.

Baca: Bocor ! Dua Bukti Ini Bongkar Perselingkuhan Veronica-Julianto Tio,Hingga Ahok Komunikasi ke Istri

Kemarin kami melakukan pendataan di Kecamatan Rawas Ilir, pihaknya sudah mendata di Desa Berali, Desa Mekar Sari, Desa Air Bening, Desa Ketapat Bening dan Desa Pauh, begitu juga di kecamatan lainnya melakukan pendataan," jelasnya.

Marhendra menambahkan, setelah selesai dilakukan pendataan nanti baru diketahui penyakit yang ada dimasyarakat, maupun penyebabnya apakah karena pola hidup masyarakat atau dari faktor lingkungan.

Baca: Ingin Rayakan Hari Valentine? Coba Pahami Dulu Sejarah dan 14 Fakta Ini,Dijamin Kamu Mikir Ulang!

Sebagaimana, tujuan pendataan pihaknya bisa memetakan jenis penyakit, apakah menular atau tidak menular, dan program antisipasi mencegah dan mengobati penyakit tersebut.

April 2018 mendatang juga ada kegiatan yang namanya Riset Kesehatan Dasar (Riskedas), dimana Riskedas merupakan program nasional, yang kemudian terintegrasi dengan Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas).

Halaman
12
Penulis: Farlin Addian
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help