Berita Palembang

Besok, Warga Palembang Bisa Lihat Fenomena Gerhana Secara Jelas, Asal Tidak Hujan

Masyarakat Sumsel bisa menyaksikan terjadi Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang bertepatan dengan Gerhana

Besok, Warga Palembang Bisa Lihat Fenomena Gerhana Secara Jelas, Asal Tidak Hujan
AFP PHOTO / JOSE CABEZAS
Gerhana bulan terlihat di San Salvador, El Salvador, 15 April 2014. Gerhana bulan kali ini terbilang langka karena bulan berubah warna dari oranye ke merah darah. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Masyarakat Sumsel bisa menyaksikan terjadi Fenomena Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang bertepatan dengan Gerhana Bulan Total dimana posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus.

Baca: Heboh Kasus Deni Atlet Angka Besi yang Selingkuh,Hingga Istri Curhat, Ini Kata Imam Nahrawi!

"Kejadian Gerhana Bulan Total dapat diamati di sebagian besar wilayah Indonesia.

Fenomena ini merupakan fenomena langka karena akan terulang lebih dari 100 tahun untuk di Amerika, sementara wilayah Indonesia 36 tahun (30 hingga 31 Desember 1982) sehingga masyarakat diharapkan melihat atau mengamati fenomena ini dan bukan dijadikan sesuatu yang menakutkan.

Bila tidak turun hujan, maka bisa terlihat dengan jelas," ujar Kasi Observasi dan Informasi BMKG Kenten Palembang, Selasa (30/1/2018).

Baca: Dijuluki Ratu Kendang, Lihat Aksi Gadis Berhijab Bikin Semua Pria Bergoyang,Tabokan Mantep!

Pengamatan ini dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera, yaitu melintas di Samudera Hindia yang berada sebelah barat Sumatera yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.

Keseluruhan proses gerhana dapat diamati di Samudra Pasifik serta bagian Timur Asia, Indonesia, Australia, dan bagian barat laut Amerika.

Gerhana ini dapat diamati di bagian barat Asia, Samudra Hindia, bagian timur Afrika, dan bagian timur Eropa pada saat bulan terbit. Masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total ini dapat pada Pukul 20:29,8 WIB, pukul 21:29,8 WITA, dan pukul 22:29,8 WIT.

Baca: Viral Sosok Paspampres Cantik Kawal Jokowi di Bangladesh, Inikah Identitas Aslinya?

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help