Jelang Asian Games, Sanggar Tari ini Makin Sering Dapat Job Mengenalkan Daerah Sumsel

Alunan musik asli dari alat musik beduk simbal, akordion, gendang melayu dikoordinir Irsyad, mengiringi lemah gemulai para penari

Jelang Asian Games, Sanggar Tari ini Makin Sering Dapat Job Mengenalkan Daerah Sumsel
TRIBUNSUMSEL.COM
TAMPIL -- Para penari dari Sanggar Aura Vamela tampil membawakan tari Salam Lilin saat promosi wisata dan pemilihan Duta Asian Games, di Universitas Negeri Makassar, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNSUMSEL.COM --  Musik  khas Sumsel menggema di aula Universitas Negeri Makassar. Alunan musik asli dari alat musik beduk simbal, akordion, gendang melayu dikoordinir Irsyad, mengiringi lemah gemulai dua penari perempuan Kartini Lanasari dan Dian Anggraini serta tiga penari laki-laki Abdul Ghofur, Doni dan Kasanova yang gagah.

Ratusan penonton sekejap terkesima dan terlihat menikmati persembahan tari Salam Lilin di sela-sela kegiatan pemilihan Duta Asian Games ini.

Suasana semakin meriah ketika kelima penari mengajak beberapa penonton ikut menari dengan memegang selendang yang sudah disediakan. Tarian ini sanggup membuat penonton terhibur. "Tariannya menarik, apalagi pakai musik asli bukan rekaman. Kami terhibur," kata salah satu penonton.

Adalah Sanggar Aura Vamela yang menaungi ke sembilan penari dan pemusik yang sukses menghibur warga Sulsel ini.

"Sanggar Aura Vamela bermarkas di Plaju, binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel. Ibu Irene Camelyn (Kepala Dinas Pariwisata, Red) yang memilih kami untuk tampil," kata Kartini Lanasari, koordinator penari, kepada Tribun.

Menjelang perhelatan Asian Games, sanggar yang memiliki tak kurang dari 25 orang ini semakin disibukkan dengan latihan.

"Kita sering diminta melakukan pertunjukan untuk promosi baik promosi budaya, atau promosi Asian Games seperti ini," ujar Kartini yang juga honorer di Dinas Kebudayaan Palembang ini.

Seperti pada September lalu, mereka diminta "manggung" di Negara China juga dalam rangka promosi Asian Games. Macam-macam tarian yang dihadirkan tergantung acara.

Makin mendekati perhelatan Asian Games, nampaknya sanggar-sanggar tari akan semakin sibuk, meskipun hingga kini, kata Kartini, belum ada ajakan untuk persiapan inti pembukaan Asian Games. "Kalau itu, pusat langsung yang menangani. Kita sih siap saja kalau dilibatkan," ujarnya.

Terpisah, Kasi Promosi Luar Negeri Disparbud Sumsel mengatakan selain promosi di wilayah Sumsel, Disparbud juga aktif mempromosikan Asian Games ke beberapa provinsi yang memiliki penerbangan langsung ke Palembang serta ke luar negeri terutama peserta Asian Games.

Tujuannya agar nama Palembang dan Sumsel sebagai salah satu penyelenggara Asian Games semakin dikenal. "Termasuk juga kita adakan pemilihan duta Asian Games. Nantinya akan diadakan di provinsi lain seperti Bandung, Yogya, Medan, Surabaya dan yang pasti di Palembang sendiri," kata Prima. (lis)

Penulis: Lisma
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help