Kamu Jadi Pemilih Pemula pada Pilkada Tahun ini? Begini Syaratnya untuk Jadi Pemilih Cerdas

Antusias puluhan siswa-siswi saat Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi Ahmada Naafi SH menjelaskan seputar pilkada

Kamu Jadi Pemilih Pemula pada Pilkada Tahun ini? Begini Syaratnya untuk Jadi Pemilih Cerdas
TRIBUNSUMSEL.COM
SOSIALISASI PEMILU - Komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Ahmad Naafi memaparkan tentang Pemilihan Umum kepada Calon Pemilih Pemula di SMA Patra Mandiri, Komperta, Plaju, Palembang, Sabtu (13/1/2018). Sosialisasi ini agar pemilih pemula lebih mengerti tentang Pemilihan Umum (PEMILU).TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Untuk  pertama kali Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel melakukan roadshow ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi pilkada bagi para pemilih pemula.

Beruntung bagi sekolah SMA Patra Mandiri 1 Plaju Palembang yang mendapatkan kunjungan pertama, bekerjasama dengan Alumni Yaktapena 1 angkatan 1993.

Antusias puluhan siswa-siswi saat Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi Ahmada Naafi SH menjelaskan seputar pilkada.

Walaupun banyak yang belum mengenal para calon kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel bahkan belum tahu kapan pelaksanaan, namun para siswa ini tetap fokus memperhatikan materi yang diberikan.

pada sesi tanya jawab, dan kuis, siswa berebutan acungkan tangan.  "Kalau ada money politic, gimana pak" tanya seorang siswa, begitulah serunya kalu berhadapan dengan kaum gen milenial.

Yuuppss tahun ini adalah tahunnya politik untuk pemilihan gubernur Sumsel dan bupati/wakil bupati dan walikota di 9 kabupaten/kota di Sumsel.

"Saat ini tahapan pilkada sudah memasuki tahapan pendaftaran dan tes kesehatan," kata Naafi.
Dijelaskan, Pilkada serentak akan berlangsung 27 Juni 2018 dan pemilu pemilihan presiden dan legislatif akan dilaksanakan 17 April 2019.

"KPU berupaya meningkatkan partisipasi pemilih, karena pada 2013 dan 2014, partisipasi pemilih masih di bawah 70 persen,”ujarnya.

Peran pemilih pemula ini sangat penting. Salah satu kategori pemilih yang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan demokrasi di masa mendatang adalah pemilih pemula.

"Selain jumlahnya yang akan terus bertambah, potensi daya kritis mereka dapat menentukan sebuah hasil pemilu," harap Naafi.

Kepala SMA Patra Mandiri 01 Palembang, Suhaimi Mahera didampingi alumni SMA Yaktapena I, Dr G Samuel Hutabarat, menyambut baik kegiatan yang digelar oleh KPU Sumsel.

Diharapkan sosliasisi ini menambah pengetahuan para siswa sebagai pemilih pemula.(rie)


LANGKAH MENJADI PEMILIH CERDAS
1. Memastikan diri sudah terdaftar sebelum pemungutan suara
2. Kenali Calon
3. Luangkan Waktu Datang ke TPS
4. Memahami Syarat Sah Pencalonan
5. Turut Berpartisipasi Pasca Pemilu



Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help