Sempat Mandeg Setahun, Dana Program Sekolah Gratis Dicairkan Lagi di Sumsel Tahun ini

Dana PSG dianggarkan lagi pada APBD 2018 dan semoga cair Maret ini, tinggal menunggu DPA (Daftar Penggunaan Anggaran)

Sempat Mandeg Setahun, Dana Program Sekolah Gratis Dicairkan Lagi di Sumsel Tahun ini
ISTIMEWA
Ilustrasi 

 TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG  -- Dana Program Sekolah Gratis (PSG) yang sempat mandek di tahun kemarin kini akan segera dicairkan tahun 2018 ini. Total ada sekitar Rp90 Miliar yang belum dibayar untuk priode triwulan 3 dan 4.

Bagian PSG Dinas Pendidikan Sumsel, Purwanto mengatakan, saat ini untuk sekolah negeri tidak bisa dihibahkan lagi karena sudah sudah menjadi PTT.

"Maka itu untuk triwulan sebelumnya akan kita bayar tahun ini, dianggarkan lagi pada APBD 2018 dan semoga cair Maret ini, tinggal menunggu DPA (Daftar Penggunaan Anggaran)," ujarnya, Selasa (9/1).

Ia merincikan, untuk dananya per triwulan akn dibayar Rp45 Miliar. Sehingga total triwulan 3 dan 4 menjadi Rp90 Miliar. "Total ada 428 sekolah negeri belum dibayarkan. Mudah-mudahan akan ada pembayaran lagi," ujarnya.

Terkait adanya isu jika dana PSG distop, itu tidak benar. Dana PSG tetap jalan terus, sebab potensinya ada orangtua yang mampu untuk membayar sekolah.

"Tapi kalau ada siswa miskin yang berhenti karena harus membayar sekolah, itu yang tidak boleh. Sifatnya siswa yang mampu bis membantu siswa yang pra sejahtera," jelasnya.

Menurutnya, ada pengecualian untuk sekolah swasta dan sudah dibayarkan semua. Karena mekanismenya berubah dari dana hibah menjadi belanja langsung. Ia mencontohkan SMAN 1 dan SMAN plus 17 Palembang yang tidak bisa semuanya gratis sebab di sana ada Kurikulum Cambridge.

"Jika APBD tahun depan anggaran sudah stabil maka tidak menutup kemungkinan semuanya akan gratis," ujarnya. (cr9/SP)

Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help