Kesempatan Sekolah Penerbangan Gratis Bagi Siswa SMA Sederajat, ini Syaratnya dan Peluangnya

BP3 Palembang kembali membuka Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat untuk siswa SMA/SMK/Madrasah Aliyah (MA)

Kesempatan Sekolah Penerbangan Gratis Bagi Siswa SMA Sederajat, ini Syaratnya dan Peluangnya
ISTIMEWA
Diklat Penerbangan BP3 Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG --- Kesempatan untuk sekolah gratis di program keahlian khusus kian bertambah.

Salah satunya Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Palembang kembali membuka Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat untuk siswa SMA/SMK/Madrasah Aliyah (MA) tingkat akhir atau alumni yang berusia 25 tahun.

Tak tanggung-tanggung, program pelatihan di bidang penerbangan ini diberikan kepada 2.750 orang, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Dalam menjalankan program ini, BP3 Palembang menggandeng Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) agar membantu ikut mensosialisasikan kepada siswa yang berminat meniti karir di bidang penerbangan. Dengan harapan, program tersebut bisa dimanfaatkan siswa untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri.

Kepala BP3 Palembang M Andra menjelaskan, tingkat pengangguran alumni SMA/SMK/MA masih sangat tinggi. Hal ini disebabkan, kompetensi yang dikantongi alumni kerapkali tidak sesuai dengan kebutuhan industri.

“Kami coba memberikan kesempatan kepada siswa tingkat akhir untuk mengembangkan kompetensi di bidang penerbangan,” ujarnya didampingi Kasi Penyelenggara Diklat, Yudha, saat melakukan kunjungan ke Disdik Sumsel, Senin (8/1/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya membuka 21 program keahlian di bidang penerbangan. “Kami prioritaskan lulusan SMA/SMK/MA, berprestasi namun dari kalangan prasejahtera. Rencananya pendaftaran dimulai Februari ini, sementara proses belajar sampai akhir tahun nanti,” jelasnya. 

Selama mengikuti Diklat, sambung Andra, seluruh peserta akan mengikuti pendidikan paling lama 6 bulan dengan sistem boarding school (asrama).

Peserta harus mengikuti seluruh peraturan yang diberlakukan dalam asrama untuk mendidik jika tenaga kerja yang handal. “Hanya kami yang memiliki Balai Diklat berstatus negeri, kalau yang ada di luar itu biasanya berasal dari swasta,” ungkapnya.

Tak hanya itu, siswa yang memiliki kepribadian baik dan menguasai kompetensi di bidang penerbangan akan dilakukan pendampingan dalam mendapatkan pekerjaan di Bandar Udara dan maskapai.

“Tahun lalu ada 147 peserta yang ikut dan sekitar 70% diterima bekerja di SMB 2, Bandara di Batam dan beberapa maskapai di Indonesia,” ujarnya.

Kepala Disdik Sumsel Drs Widodo MPd menyambut baik adanya program pelatihan bagi siswa tingkat akhir maupun baru lulus SMA. Menurut dia, program ini bisa membantu mengurangi pengangguran bagi siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. “Kami sangat mengapresiasi program ini dan akan melakukan sosialisasi kepada seluruh SMA di Sumsel,” ujarnya. (cr9/SP)

Berikut ini dia peluang pelatihan apa saja yang bisa dibidik para siswa

DARI PRAMUGARI HINGGA TEKNISI
* Program pelatihan dari BP3 Palembang
* Terbuka untuk siswa tingkat akhir SMA/sederajat di Sumsel
* Mulai dari Flight Attendant (Pramugari), Basic Rescue and Fire Fighter, Marshaller,
* Tenaga pemeriksaan orang dan barang, Teknisi dan Perakitan Perangkat Komputer
* Ada juga Teknisi Jaringan Komputer, Teknik Pendingin (AC), Teknisi Elektronika
* Pelatihan Keterampilan Teknisi Arsitek, Pelatihan Quantity / Surveyor dan lainnya

KONTAK INFORMASI
Palembang Civil Aviation College
Jl. Adi Sucipto No.3012, Sukodadi, Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30155

Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved