Bentuknya Bulat dan Besar juga Rasa Manis. Jagung Paragon dan Bonanza Diburu Jelang Tahun Baru

Kami hanya menanam jenis paragon dan bonanza. Berat jagungnya itu sekitar 5 ons per buah.

Bentuknya Bulat dan Besar juga Rasa Manis. Jagung Paragon dan Bonanza Diburu Jelang Tahun Baru
TRIBUN SUMSEL/SLAMET TEGUH RAHAYU
SIAP PANEN - Seorang pembeli tengah memilih-milih jagung yang siap untuk dipanen dari kebun jagung milik Sabar. Jagung ini sudah siap dipanen, setelah ditanam sejak 2,5 bulan yang lalu, Selasa (26/12/2017). 

TRIBUNSUMSEL.COM - MALAM pergantian tahun merupakan momen yang banyak dinanti warga termasuk warga Kota Palembang. Biasanya, berbagai macam kegiatan digelar untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Berbagai macam makanan pun disediakan untuk memperhangat suasana. Seolah makanan yang menjadi hal wajib bagi masyarakat ialah jagung bakar karena tak pernah ketinggalan saat memperingati malam tahun baru.

Diburunya jagung oleh masyarakat kota Palembang ini, tentu saja menjadi berkah bagi para petaninya. Belum dipanen, jagung-jagung yang mereka sudah dipesan oleh masyarakat.

Hal itupula yang dirasakan Sabar (60), seorang petani jagung yang berada di kawasan Talangkeramat Kecamatan Kenten Laut Kabupaten Banyuasin.

Sembari membawa arit di tangannya, Sabar tampak semangat mengitari kebun jagungnya. Sekali-sekali Sabar tampak menundukkan badannya, ia melihat-melihat jagung yang sudah siap untuk dipanen. Tentu saja bukan jagung yang kecil. Sabar memanen jagung yang berukuran cukup besar.

"Biasanya jagung jenis paragon dan bonanza yang paling dicari, karena ukurannya yang besar dan manis. Sekarang sudah mulai ada yang memesan, tapi setelah tanggal 27 Desember, pembeli semakin banyak yang datang," ujar Sabar saat dibincangi Tribunsumsel, Selasa (26/12).

Menurut Sabar, jagung jenis ini pun tak terlalu mahal. Biasanya, sebelum 27 Desember ia membanderol jagungnya seharga Rp 3.500 ribu per kilogram (kg). Namun, setelah 27 Desember ia menaikkan harga jualnya sekitar Rp 4.000-Rp 5.000 per kgnya.

"Kami hanya menanam jenis paragon dan bonanza. Berat jagungnya itu sekitar 5 ons per buah," terangnya.

Sabar menerangkan, untuk menanam jagung ini, tak dibutuhkan waktu yang sangat lama. Menurutnya, proses penanaman jagung ini sudah dimulai sejak 15 Oktober 2017 yang lalu.

Ia memprediksi, dengan pembibitan dan pemukan yang pas, pada akhir tahun, jagung-jagung yang ditanam di lahan sekitar 500 meter persegi ini sudah dapat dipanen.

Halaman
12
Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved