TribunSumsel/

Tahun 2018 Banyak Guru Pensiun, Dicari Guru Mata Pelajaran ini

Tahun depan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), terutama Kota Palembang bakal kekurangan guru PNS.

Tahun 2018 Banyak Guru Pensiun, Dicari Guru Mata Pelajaran ini
google.com
Ilustrasi 

TRIBUN SUMSEL.COM, PALEMBANG --  Kekurangan guru masih terus menjadi persoalan bagi dunia pendidikan. Tahun depan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), terutama Kota Palembang bakal kekurangan guru PNS.

Hal itu dikarenakan hingga tahun 2018 mendatang banyak guru yang akan pensiun jumlahnya mencapai 1.179 guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Drs Widodo MPd mengatakan Setiap tahun untuk jenjang SMA/SMK di Sumsel, guru pensiun mencapai 200-300 guru. Padahal kebutuhan saat ini mencapai sekitar 1.600 guru PNS.

"Kekurangan guru PNS karena sejak 2014 tidak ada lagi pengangkatan. Untuk jenjang SMK kekurangan guru di bidang produktif, seperti Otomotif, Pertanian, Mesin, Bangunan dan lainnya," jelas dia.

Lanjut Widodo, untuk SMA kekurangan guru hampir diseluruh bidang studi yakni seperti Olahraga, Kesenian, Keterampilan dan lainnya.

“Kalau Matematika dan Bahasa Inggris sudah sangat banyak," ungkap dia. Lanjut Widodo, untuk pengangkatan guru honor ia pun mengatakan telah mengajukan usulan kepada pemerintah.

“Saat ini kita sudah ajukan, tapi karena pengangkatan ada di pusat jadi kita hanya bisa menunggu,” tegasnya.
Namun untuk mengatasi kekurangan guru ini pihak sekolah memberdayakan guru honor yang ada.

"Peran guru honor ini sangat penting guna mengatasi kekurangan guru. Karena itu kita sangat terbantu dengan adanya guru honor ini," ungkap dia.(rie)

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help