Begini Cara Mengupas Bawang Tanpa Harus Nangis Bombai

Saat mengupas kita telah memecahkan sel amino acid sulfoxides dari sulfenic acids yang ada pada bawang.

Begini Cara Mengupas Bawang Tanpa Harus Nangis Bombai
INTERNET
Ilustrasi mengupas dan mengiris bawang. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Bawang, salah satu bumbu dapur yang sering dipakai untuk hampir semua masakan Indonesia. Para ibu biasanya mewajibkan adanya bumbu ini didapur untuk membuat masakan yang lezat. Walaupun jadi favorit, mata bisa jadi perih atau berair saat kita mengupas atau mengirisnya.

Mata perih atau berair saat mengupas bawang dikarenakan pada saat mengupas kita telah memecahkan sel amino acid sulfoxides dari sulfenic acids yang ada pada bawang.

Sel yang pecah tersebut jika bersatu akan membentuk senyawa baru yang dinamakan propanethiol S-oxide, senyawa sulfur yang sifatnya volatile yang melayang bebas ke udara. Sehingga jika melayang terkena air mata akan membentuk senyawa sulfuric acid yang mengakibatkan mata iritasi dan memproduksi air mata berlebih untuk membersihkan iritasi.

Namun tidak perlu kuatir, kali ini ada tips agar mengupas dan mengiris bawang tidak lagi menjadi masalah dan menangis bombay. Simak caranya yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Kupas bawang di bawah air mengalir, sehingga senyawa sulfur tidak sempat melayang ke udara. Dan untuk mengirisnya, iris bawang didekat api kompor.

2. Potong bagian runcing pada bawang kemudian baru kupas kilt bawang dan mengirisnya. Biarkan ujung akar bawang, jika terpotong, ini yang akan membuat mata berair karena akar bawang memiliki senyawa sulfat yang membuat mata perih.

3. Rendam bawang dalam air selama 5 menit. Kemudian gosok pada kulit bawang, kulit tersebut akan mengelupas dan bawang siap digunakan.

4. Jaga arah mata angin saat Anda mengupas bawang. Hindari angin yang mengarah ke tubuh (mata) kita pada saat mengupas agar senyawa yang memicu air mata tidak mengenai mata.

5. Simpan bawang dalam kulkas sebelum dikupas. Temperatur rendah bisa membantu membekukan senyawa dalam bawang agar tidak terlalu banyak yang melayang ke udara.

6. Agak keren ni.. Pakai pelindung mata atau kacamata untuk menghindari mata berair.

Tips dalam tips, jika sering menggunakan bawang merah sebagai bumbu dapur, ada baiknya anda memotong dalam jumlah banyak sehingga bisa disimpan di dalam kulkas. (berbagai sumber)

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help