TribunSumsel/
Home »

Sport

Saat Gelaran Asian Games, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Bakal Secantik Markas Atletico Madrid

Kalau malam, jika stadion standar, nyala aja (lampu), dengan konsep ini bisa menjadi kayak panggung, flash sana-sini.

Saat Gelaran Asian Games, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Bakal Secantik Markas Atletico Madrid
INTERNET
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Direncakan penerangan di kawasan di beberapa venue di Jakabaring Sport City (JSC) selain lebih terang, juga terlihat lebih cantik. Inilah salah satu tawaran dari PT Philips Indonesia yang kemarin melakukan paparan di Griya Agung Palembang, Senin (11/12).

Be to be Marketing Manager PT Philips Indonesia Muhammad Rafiq mengatakan pihaknya memaparkan terkait dengan konsep pencahayaan di beberapa venue olahraga di JSC mengingat ini sangat cocok untuk Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

"Kami (PT Philips Indonesia) ada konsep baru,dimana venue olahraga itu bukan hanya efisien tapi juga menarik," katanya usai paparan di hadapan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Nama konsep tersebut, lanjut Rafiq adalah Arena Experience System yang intinya konsep bagaimana pencahayaan saat pertunjukkan berlangsung, salah satunya di stadion bola kaki, yakni di Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Vincente Calderon
Ilustrasi Stadion Vincente Calderon Markas Atletico Madrid

"Misalnya pada saat dinamis, stadion terlihat seperti panggung.  Jadi misalnya kita nonton bola pada malam hari. Kalau malam, jika stadion standar, nyala aja (lampu), dengan konsep ini bisa menjadi kayak panggung, flash sana-sini, berwarna sehingga emosinya (penonton) lebih muncul disana (stadion)," jelas Rafiq.

Rafiq melanjutkan selain dengan menggunakan LED yang lebih hemat serta energi lebih rendah, konsep tersebut pula lebih sportaiment dan bisa membangkitan semangat bagi yang menonton maupun yang ditonton.

Ia menyebutkan bahwa sejauh ini di Indonesia sudah ada di Stadion Batakan Balikpapan dan rencananya di Jakarta yang saat ini sedang persiapan. Sementara untuk di luar negeri sudah ada di antaranya di Australia, stadion di Eropa, London, Madrid, Monic dan lain sebagainya.

Direktur Utama PT Jakabaring Sport City (JSC), Esti Adnan menambahkan tawaran ini sangat menarik karena menggunakan teknologi terbaru dari Philips yang ia tahu memang sebagai salah satu produsen lampu tertua dan mungkin terhebat di dunia.

"Jadi mereka punya metode sistem teknologi yang terbaru untuk stadion. Bukan hanya stadion tapi juga sarana olahraga lainnya. Mereka mensinkronkan lighting dengan akustik dan kebutuhan di stadion," kata Esti.

Esti mengaku bahwa JSC memang membutuhkan LED bukan hanya sekedar untuk membuat kawasan olahraga itu cantik, tapi juga fungsionalnya serta untuk menghemat energi dan mewujudkan Jakabaring Green Sport City.

Halaman
12
Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help