TribunSumsel/

Miris! 143 Pasutri di Muratara Ini Tidak Punya Buku Nikah, Ternyata Karena

Ada sekitar 143 pasangan suami istri (pasutri) bakal mengikuti sidang isbat nikah yang bertempat di halaman kantor

Miris! 143 Pasutri di Muratara Ini Tidak Punya Buku Nikah, Ternyata Karena
ist
Buku Nikah 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Ada sekitar 143 pasangan suami istri (pasutri) bakal mengikuti sidang isbat nikah yang bertempat di halaman kantor Bupati Muratara. Rabu (6/12/2017).

Kegiatan ini digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muratara, bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Muratara.

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Muratara, Mustopa Yusuf, sebanyak 143 pasutri ini merupakan warga dari 7 kecamatan, yang mana mereka tidak memiliki buku nikah sejak menjalani ikatan suami istri.

"Iya, kita mengadakan sidang isbat nikah bagi 143 pasutri yang tidak memiliki buku nikah, setelah sidang nanti mereka akan mendapatkan buku nikah," katanya.

Lanjut Mustopa, ada beberapa hal yang menyebabkan pasutri yang sudah menikah namun tidak memiliki buku nikah, salah satunya karena kehilangan buku nikah.

"Yah mungkin sudah hilang, bisa juga tidak diambil karena biayanya mahal. Nah besok kita lakukan sidang isbatnya, semuanya gratis," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Muratara, H Ikhsan Baijuri menyatakan, 143 pasutri tersebut akan disidangkan oleh 4 orang hakim dari Pengadilan Agama Kota Lubuklinggau.

"Tujuan dari sidang isbat nikah itu untuk mengeluarkan akta nikah. Nah akta nikah ini salah satunya berfungsi untuk mendaftar haji atau umroh, karena itu salah satu syaratnya," jelas Ikhsan.

Lanjutnya, 143 pasutri yang akan disidangkan terdiri atas pasutri yang menikah di bawah tangan atau nikah siri, serta pasutri yang menikah di bawah tahun 1974.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help