TribunSumsel/

Langganan Banjir! Ini yang Dibutuhkan Kota Palembang

Saat ini kota Palembang hanya memiliki 25 kolam retensi dari jumlah idealnya dibutuhkan 77 kolam retensi.

Langganan Banjir! Ini yang Dibutuhkan Kota Palembang
INTERNET
Ilustrasi kolam retensi di Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM - Musim hujan masih melanda kota Palembang bahkan diperkirakan Desember ini merupakan puncaknya. Sudah rahasia umum, jika dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi membuat sejumlah wilayah di kota Palembang mengalami kebanjiran.

Mengomentari langkah antisipasi banjir, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Palembang, Saiful menuturkan cara efektif untuk mengatasi genangan air yang disebabkan hujan deras adalah penambahan kolam retensi.

Saat ini kota Palembang hanya memiliki 25 kolam retensi dari jumlah idealnya dibutuhkan 77 kolam retensi.

"Kolam retensi ini tersebar di kota Palembang. Memang dibutuhkan penambahan ya, namun saat ini Pemkot memang belum menganggarkan untuk pembangunan tempat serapan dan tampungan air itu," katanya.

Menurut Saiful, idealnya setiap tahun ada penambahan lima kolam retensi baru. Namun yang jadi masalah, tidak mudah melakukan pembebasan lahan yang akan dijadikan kolam retensi ini.

Selain pembebesan lahan?, penting juga dilakukan studi pra konstruksi untuk mengetahui cocok tidaknya kawasan tersebut dibangun kolam retensi sebelum dilakukannya detail enginering design (DED).

"Pembebasan lahannya memang agak sulit," katanya.

Saiful menerangkan, untuk tahun ini memang belum ada pembangunan kolam retensi baru. Namun, dibeberapa lokasi tengah dilakukan tahapan pembebasan lahan untuk pembangunan kolam retensi, diantaranya di kawasan Bandara, Soekarno Hatta, dan Plaju.

"Tidak mudah ya, sulit untuk membangun 52 kolam retensi ini," jelasnya.

Permasalahan pembangunan kolam retensi tak berhenti sampai di situ. Ketika Kantor Jasa Pelayanan Publik (KJPP) sudah melakukan pembebasan lahan, dan dilanjutkan dengan DED. Kendala lain yang muncul ialah tidak adanya akses untuk menuju ke kolam retensi yang akan dibangun tersebut.

Halaman
12
Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help