TribunSumsel/

Arung Jeram Pagaralam Bikin Turis Mancanegara Ketagihan

Keindahan alam dan keragaman objek wisata menjadikan daerah ini pilihan utama wisatawan.

Arung Jeram Pagaralam Bikin Turis Mancanegara Ketagihan
Pagaralam Rafting
Sejumlah wisatawan menikmati wisata air Rafting (Arung Jeram) di Kota Pagarlam. Arung Jeram merupakan salah satu paket wisata yang banyak diminati wisatawan terutama perusahaan. 

PAGARALAM, TRIBUNSUMSEL. COM - Kota Pagaralam menjadi salah satu tujuan wisata di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). Keindahan alam dan keragaman objek wisata menjadikan daerah ini pilihan utama wisatawan.

Selain mendaki puncak Gunung Api Dempo (GAD), pemandangan kebun teh Gunung Gare dan Curup Mangkok, wisatawan juga bisa mencoba rafting alias arung jeram yang saat ini cukup diminati.

Salah satu komunitas rafting yang bisa menjadi pilihan adalah Pagaralam Rafting. Komunitas ini sudah cukup berpengalaman dan telah melayani ribuan wisatawan yang datang ke Pagaralam.

Ketua Pagaralam Rafting, Heri mengatakan, potensi wisata air memang sangat bagus di Kota Pagaralam dengan banyaknya sungai. Arus sungai di Pagaralam juga memiliki banyak great dari 1 sampai graet 4.

"Memang di Pagaralam banyak para pecinta wisata air, arung jeram. Untuk itu kita buat komunitas ini awalnya hanya untuk menyalurkan hobi kita saja. Namun melihat potensi alam dan sungai di Pagaralam kita melirik wisata air ini dijadikan bisnis," ujar Heri saat ditemui, Rabu (6/12/2017).

Bahkan sejak dimasukan ke sejumlah paket wisata di Pagaralam, komunitas ini sudah melayani tamu ribuan orang. Bukan dari dalam negeri saja, banyak juga dari luar negeri.

"Wisatawan mancanegara juga banyak yang sudah main Arung Jeram di Kota Pagaralam. Bahkan setiap tahun ada saja turis yang minta kita 'ngarung' bersama," katanya.

Sementara Sekjen Forum Pecinta Alam (FORPA) Besemah, Arindi mengatakan, pihaknya juga telah melakukan survei ke sejumlah sungai kecil untuk dijadikan kawasan wisata air Arung Jeram bagi para pemula dan hanya untuk bermain air.

"Kita sudah melakukan pencarian sungai kecil yang arusnya tidak terlalu deras untuk dijadikan lokasi Arum Jeram bagi para wisatawan pemula dan hanya ingin mencoba main Arum Jeram," katanya.

Dijelaskan, saat ini tersedia dua pilihan trip rafting, yakni Sungai Manna dan Sungai Lematang Indah dengan biaya Rp 350 ribu per orang (minimal 8 orang.

Halaman
12
Editor: Eko Adiasaputro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help