advertorial

Belanja Cerdas Zaman Now,Palembang Insight Kupas Tips Belanja Cerdas

Kompas Gramedia Grup Sumatera Selatan, kembali menggelar live talk show Palembang Insight yang mengangkat tema Belanja

Belanja Cerdas Zaman Now,Palembang Insight Kupas Tips Belanja Cerdas
adv
TRIBUNSUMSEL.COM - Kompas Gramedia Grup Sumatera Selatan, kembali menggelar live talk show Palembang Insight yang mengangkat tema Belanja Cerdas di Zaman Now, Senin (4/12) di Hotel Santika. Kegiatan yang mengupas permasalahan terutama di bidang ekonomi ini, memberikan tips dan bocoran kepada masyarakat agar cerdas mengelola kebutuhan ekonomi.
Talk show yang dimoderatori oleh pakar komunikasi DR Rahma Santi dengan narasumber diantaranya Operating Property Agent Keller William Suwandi Hermawan, akademisi Unsri Nofiawaty SE MM, Direktur PT Tiki Palembang Haris Jumadi dan Kepala Bengkel Auto 2000 Cabang Plaju Budi Luarsa. Talk show yang juga live di radio Smart FM ini berjalan selama dua jam nonstop.
Palembang Insight
Palembang Insight (ADV)
 
Dasar dari talk show ini sendiri menindaklanjuti terkait adanya penurunan daya beli masyarakat, dimana pada triwulan akhir tercatat adanya penurunan 0,04 persen daya beli masyarakat. Sehingga tips jitu agar masyarakat bisa mengelola keuangan dengan baik. Diakui belanja online adalah new is life yang artinya perkembangan zaman online sudah menjadi keharusan para konsumen cerdas.
Seperti diungkapkan oleh akademisi Unsri, Nofiawaty menjelaskan, masyarakat sekarang sudah melihat kebutuhan yang selayaknya. Hal itu juga masyarakat harus memiliki tiga manfaat yaitu kenali, seleksi dan beli.
"Diskon akhir tahun yang diburu konsumen adalah pemikiran yang cerdas, jadi konsumen secara umum ingin mengethaui lebih banyak informasi dan ini yang dimanfaatkan oleh konsumen," katanya.
Palembang Insight
Palembang Insight (ADV)
 
Selain itu, konsumen semakin kritis dan sebagai pebisnis harus peka terhadap kebutuhan para konsumennya, sehingga tidak ada lagi pelaku bisnis hanya bicara produksi lalu jual. "Sekarang tidak bisa karena konsumen selektif, keinginan pelaku pasar agar lebih jeli yang dibutuhkan sehingga fokus melayani pasar itu," katanya.
Sedangkan Direktur PT Tiki Palembang, Haris Jumadi menerangkan, tren barang online sangat berdampak pada agen pengantaran barang. Saat ini konsumen benar-benar dimanjakan, karena konsumen ingin belanja yang serba mudah cukup belanja dari rumah.
"Kami memandang bagi masyarakat tidak sedikit ingin melakukan cash on delivery, hal inilah yang menekan perusahaan jasa pengiriman harus berinovasi. Dengan tuntutan hal tersebut membuat perusahaan jasa pengiriman perfect dalam pelayanan," katanya.
Kemudian agent propert Keller William, Suwandi mengakui ada dua tipe anak muda dalam cara melakukan investasi. yaitu Old Style dan New Style, dimana Old Style lebih memilih investasi dengan memiliki rumah dan emas, sedangkan new style lebih kepada generasi travelling.
"Tanpa sadar generasi milenial agak sulit untuk investasim karena yang termasuk dalam new style itu paling sedikit menghabiskan Rp 5 juta untuk perjalanan dan beli oleh-oleh ketimbang investasi," ungkapnya.
Geliat properti di tahun 2017 diakui sebagai tahun keemasan dalam meraih omzet. Memang untuk anak muda membeli rumah agak sedikit sulit dan memilih traveling, sehingga solusi cerdas untuk membeli rumah sebaiknya melalui agent property sehingga tidak ada uang keluar berlebihan untuk memantau rumah, cukup dari agen saja," katanya.
Palembang Insight
Palembang Insight (ADV)
 
Budi Luarsa selaku Kepala Bengkel Auto 2000 Cabang Plaju mengakui, kebutuhan kendaraan saat ini telah menjadi kebutuhan primer, kenaikan tren otomotif dari tahun ke tahun terus naik. Namun konsumen akan lebih panjang merawat kendaraan ketimbang membeli karena itu bengkel Toyota menjual paket sampai tiga tahun free servis.
"Di Toyota suatu standarisasi produk akan ditangani di after sales, setiap konsumen Toyota akan diberikan pengecekan uji emisi dan lain-lain, sehingga program di Toyota sangat cocok bagi konsumen yang ingin membeli mobil," ungkapnya.(men/adv)
 
Lebih Bagus Pakai BBM ron 90 dan ron 92 (side bar ADV)
DALAM talk show Palembang Insight yang digelar oleh Kompas Gramedia Grup Sumsel ini juga terkuak, betapa dahsyatnya bahan bakar jenis ron 90 dan ron 92 untuk kendaraan. Seperti dikatakan oleh Direktur PT Tiki Palembang Haris Jumadi, setiap kendaraan kurirnya harus memakai jenis BBM ron 90 hal itu karena kualitas serta manfaat bagi kendaraan pengiriman yang awet dan irit.
"Seluruh armada pengantar barang seluruhnya pakai ron 90, karena kurir suka ngebut jadi sangat cocok, apalagi costnya juga tidak jauh dari pemakaian ron 88, pemakaian ron 90 pun lebih bertenaga dan ini menjadi rekomendasi kita kepada kurir," katanya.
Selain itu, penggunaan bahan bakar ron 90 dan ron 92 pun diakui oleh akademisi Unsri, Nofiawaty dianggap cerdas karena dengan harga selisih yang tidak jauh dari ron 88 membuat kendaraan awet.
"Pemilihan cerdas konsumen ron 90 dan 92 itu sudah benar, apalagi dibuktikan dengan irit dan awet mesin, saya pun memakai jenis ron 92," katanya.
Kepala Bengkel Auto 2000 Cabang Plaju, Budi sendiri merekomendasikan kepada konsumennya untuk memakai ron 92 demi membuat kendaraan lebih baik.
"Jadi produk mutakhir itu mensyaratkan pemakaian ron 92, jadi saat pengecekan uji emisi karbonnya bisa menganalisis problem di mesin, nanti akan diketahui keretakan di piston, jadi karena salah pemakaian ron bisa membuat biaya perawatan lebih besar," pungkasnya.(men/adv)
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help