TribunSumsel/

Pertamina Minta Warga Beli Gas Melon di Pangkalan Resmi

perlu diketahui oleh masyarakat harga eceran tertinggi (het) di Baturaja Rp 14.800 untuk gas 3 kg.

Pertamina Minta Warga Beli Gas Melon di Pangkalan Resmi
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Proses pengiriman gas elpiji 3 kg di pangkalan Macan Lindungan, Kamis (11/9/2014). 

BATURAJA, TRIBUNSUMSEL.COM - Harga tabung gas tiga kilogram atau yang lazim disebut tabung gas melon di beberapa wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dikeluhkan warga. Pantauan Tribun Sumsel, harga tabung gas di daerah kecamatan yang jauh dari Kota Baturaja, misalnya, di wilayah Kecamatan Semidang Aji, harga tabung gas yang dijual di warung-warung mencapai Rp 22.000 -Rp 25.000 per kilogram. Kondisi ini diakui warga sangat memberatkan.

"Harga itu di jual di warung-warung. Harga tabung gas seperti itu sudah berlaku sejak beberapa waktu lalu," kata Nata warga Semidang Aji, Senin (4/12).

Ia berharap pertamina bisa memangkas jalur distribusi agar harga tabung gas bisa lebih murah.

"Kalau bisa bisa normal seperti harga dari pemerintah. Harapan kami cuma itu dan tidak lebih," katanya.
Sementara itu, saat ditanya mengenai tabung bright gas 5,5 kilogramkata Nata di wilayahnya agak sulit untuk didapat di warung-warung.

"Kalaupun ada harganya agak sulit dijangkau oleh warga. Makanya masih banyak yang menggunakan tabung gas tiga kilogram," katanya.

Manager Communication and Relation Pertamina Sumbagsel Hermasyah Y Nasroen saat dikonfirmasi Tribun Sumsel melalui telepon, Senin (4/12) mengatakan, perlu diketahui oleh masyarakat harga eceran tertinggi (het) di Baturaja Rp 14.800 untuk gas 3 kg. Untuk itu disarankan agar masyarakat membeli gas ke agen atau ke pangkalan. Sehingga bisa membeli gas dengan harga het.

Disinggung harga gas di warung-warung yang jauh dari kota kata dia mungkin saja. Namun yang jelas katanya ntuk mendapatkan harga sesuai het agar pembelian dimajukan di pangkalan karena jalur distribusi resmi adalah sampai dengan pangkalan

"Kalau di warung namanya kan jual lagi. Jadi mungkin saja," ucapnya.

Ditanya apakah diperbolehkan menjaual gas di warung-warung Hermansyah singkat menjelaskan, jalur distribusi resmi adalah sampai dengan pangkalan.

"Untuk harga isi ulang bright gas 5,5 kg di kisaran 68-75 ribu. Bright Gas adalah LPG non subsidi sehingga tidak ada kuotanya," jelasnya.(rws)

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Erwanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help