TribunSumsel/
Home »

Sumsel

» Lahat

Hadeh, Blanko e-KTP Kosong Lagi, Kosong Lagi

Habisnya blanko e-KTP di Disdukcapil Kabupaten Lahat ini, sudah berlangsung hampir satu pekan terakhir.

Hadeh, Blanko e-KTP Kosong Lagi, Kosong Lagi
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Sejumlah warga antre mendapatkan pelayanan di kantor Disdukcapil Lahat, Senin (4/12/2017). 

LAHAT, TRIBUNSUMSEL.COM - Blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat sudah kosong. Alhasil, aktivitas pencetakan pun tidak bisa dilakukan.

"Ya, habis. Saat ini kami hanya mengeluarkan Suket (surat keterangan, red) bagi warga yang mengurus e-KTP," terang Kepala Disdukcapil Kabupaten Lahat Yohn Tito melalui Kabid Pencatatan Penduduk Tabrani, Senin (4/12/2017).

Habisnya blanko e-KTP di Disdukcapil Kabupaten Lahat ini, diterangkannya, sudah berlangsung hampir satu pekan terakhir.

"Tanggal 29 November mulai habis. Besoknya, Pak Kepala Dinas langsung ke Pusat (Kementerian Dalam Negeri, red) untuk meminta kembali persediaan blanko," terangnya.

Diakuinya, memang kekosongan ketersediaan blanko e-KTP, khususnya di Disdukcapil Kabupaten Lahat kerap terjadi. Terlebih, terkadang permintaan akan blanko tidak sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

"Kita harus 'jemput bola' istilahnya ke Kementerian. Dan tidak jarang, kita sudah jauh-jauh ke Jakarta, jumlah blanko yang kita minta ternyata tidak sesuai dengan pengajuan yang dibutuhkan," ujarnya.

Terkait kekosongan ketersediaan blanko ini, Tabrani meminta agar masyarakat dapat bersabar. Dan dihimbaunya juga agar bagi masyarakat yang berdomisili jauh dari Kantor Disdukcapil untuk mengurus e-KTP-nya di Kantor Kecamatan masing-masing.

"Karena kita kasihan, masyarakat sudah jauh-jauh datang ke Kantor kita, stock blanko ternyata sedang habis. Cukup mengurusnya di Kantor Kecamatan masing-masing. Jika blanko sudah ada, akan kita informasikan," imbuhnya. (cr22/sp)

Editor: Eko Adiasaputro
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help