TribunSumsel/
Home »

Video

VIDEO : Lihat Megahnya Unit Pengolahan Air Minum di JSC, Modern dan Pertama di Indonesia

Venue olahraga yang berada di komplek Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, terus dikerjakan dan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Venue olahraga yang berada di komplek Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, terus dikerjakan dan ditambah kapasitasnya untuk menyambut Asian Games 2018 mendatang.

Selain venue, fasilitas pendukung lainnya kini tengah dikebut pengerjaanya.

Salah satu fasilitas yang terlihat fisiknya dan sudah rampung, yakni unit pengolahan air minum yang lokasinya tidak jauh dari wisma atlit di JSC.

Manajer Proyek Unit Pengolahan Air Minum kompleks JSC, Hafid menerangkan, air siap minum bagi pengunjung dan atlit yang bertanding di komplek JSC, bisa langsung diminum karena air sudah steril dan 100 persen dijamin sehat tanpa terkontaminasi.

Pendistribusian air ini terdapat di sejumlah titik yang tersebar 50 unit fountain water di beberapa venue.

Menurutnya, air minum tersebut didistribusikan sebanyak 5 liter perdetik. 

Bahkan untuk mencukupi kebutuhan air minum, satu unit penampung air baku dengan ukuran 300 meter kubik disiapkan, di samping tower distribusi air sebanyak 30 meter kubik.

"Sumber air dari PDAM. Sebelum didistribusikan, air akan menjalani proses steril dan penyulingan di dalam pengolahan bahan baku mutu air," ungkap Hafid, saat kunjungan kesiapan venue Asian Games oleh beberapa unsur Muspida Pemprov Sumsel.

Ia menambahkan, unit pengolahan air ini juga disokong dengan tenaga sollar cell berkapasitas 30 VA seingga ramah lingkungan dan hemat energi. 

"Adanya portable water ini pertama di Indonesia, GBK dan sport city lainnya di Indonesia belum terpikir (belum ada). Semuanya ini memang disiapkan untuk Asian Games," pungkasnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas PUCK Sumsel, Basyaruddin Akhmad mengatakan,  JSC merupakan komplek olahraga terintegrasi, sehingga segala keperluan atlit dan ofisial sudah disiapkan di dalam JSC.

"Atlit, pelatih, ofisial, tidak perlu repot-repot bawa atau beli air minum di luar. Semua sudah tersedia di sini (JSC). Unit pengolahan air minum ini sangat modern dan terjamin higienitasnya," tegas Basyaruddin.

Penulis: Siemen Martin

Video: agung

Editor Video: Rahman

Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help