TribunSumsel/
Home »

Video

VIDEO : Operasi Katarak Gratis, Besok Hari Terakhir Jangan Lupa!

Operasi bagi penderita katarak dari kalangan tidak mampu ini diadakan di Rumah Sakit (RS) TK. Dr. AK. Gani, Palembang, selama 4

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dalam rangka percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) mengadakan operasi katarak gratis.

Operasi bagi penderita katarak dari kalangan tidak mampu ini diadakan di Rumah Sakit (RS) TK. Dr. AK. Gani, Palembang, selama 4 hari mulai tanggal 23 hingga 26 November 2017.

Menurut Karumkit RS A.K. Gani, Kolonel CKM dr. Ismi Purnawan, Sp.JP., MARS, operasi katarak ini untuk mengeliminasi kebutaan akibat katarak.

“Kita peduli karena orang yang katarak itu penglihatannya buram, kabur, bahkan sama sekali tidak bisa melihat. Mata itu anugerah Tuhan yang sangat mahal. Kalau orang bisa melihat, wah surga itu ada di mata kita. Makanya kita lewat prigram operasi katarak ini untuk mengeliminir kebutaan,” jelasnya saat dibincangi di RS A.K. Gani, Kamis (23/11/2017).

Dilanjutkan, pada operasi ini ditargetkan dapat menyembuhkan 500 mata pasien katarak.

Tidak hanya Palembang, masyarakat dari seluruh daerah di Sumsel juga dapat mengikuti operasi katarak gratis ini. 

“Hari ini saja terdaftar 108 pasien. Kami menargetlkan selama 4 hari  ke depan dapat mengoperasi 500 mata, bukan 500 pasang mata," paparnya.

“Tidak hanya (pasien) dari Palembang, dari Lubuklinggau juga ke sini dilayani. Besok ada pasien dari Kabupaten  Musirawas (Mura) dan Musi Banyuasin (Muba). Operasi katarak ini gratis tis tis,” tandasnya.

Menurut Ketua Perdami Sumsel, DR. dr. Ramzi Amin, SpM(K), pihaknya juga melayani operasi katarak bagi masyarakat di bawah lansia.

“Kalau mengganggu penglihatan, katarak, dilayani,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help