About Your Heart

Mengapa Ibu Hamil Suka Minta Ini Itu? Ini Alasannya

Secara psikologis kenapa wanita suka ngidam? Ternyata ada alasannya, sebagaimana dikemukakan Renny Permataria, Psikolog RS Siloam Sriwijaya.

Mengapa Ibu Hamil Suka Minta Ini Itu? Ini Alasannya
Thinkstock
Ilustrasi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG--- Perempuan atau ibu hamil ngidam? Minta ini itu.

Secara psikologis kenapa wanita suka ngidam? Ternyata ada alasannya, sebagaimana dikemukakan Renny Permataria, Psikolog RS Siloam Sriwijaya.

Begini analisa psikologisnya:
Wanita hamil identik dengan suatu perilaku yang populer dengan istilah 'Ngidam'.

Ngidam yang dirasakan saat kehamilan merupakan hal yang wajar, dikarenakan hampir semua ibu hamil mengalaminya walaupun ada juga yang tidak. Dimana indra penciuman (hidung), indra pengecap (lidah), indra perasa (kulit) menjadi lebih sensitif dari sebelumnya.

Ngidam yang dialami ibu hamil biasanya disertai dengan keinginan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tak biasa dikonsumsi, ingin melakukan sesuatu hal yang dianggap kurang lazim atau adanya permintaan yang dianggap aneh.

Misalkan ingin minum es kembang tahu saat lewat tengah malam, padahal sebelumnya tidak suka atau sulit untuk mencarinya; ingin bertemu artis pujaan hati atau seseorang yang kecil kemungkinan untuk ditemui; tiba tiba tidak menyukai aroma tubuh suami sehingga suami diharuskan bersih dan mewangi atau malah sebaliknya.

Atau bahkan mendadak tidak memiliki nafsu makan, padahal ibu hamil berkewajiban memenuhi zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Ada kepercayaan jika ibu hamil dan tidak mendapatkan apa yang diinginkannya saat ngidam, maka nantinya anak akan memiliki perilaku yang kita kenal dengan istilah 'mengeces atau ngeces' yaitu kebiasaan mengeluarkan air liur.

Mitos seperti ini tidak ada hubungan ya dengan kondisi ngidam.

Ngidam dapat dikatakan sebagai sebuah kondisi 'psikis' di bawah alam sadar dari seorang ibu hamil yang menginginkan sesuatu yang memanjakan dirinya dan membuatnya nyaman.

Semua hal teraebut dirasa berat di Trimester Pertama dikarenakan adanya perubahan hormonal dalam tubuh wanita, sehingga dapat menyebabkan perubahan perubahan nafsu makan, perubahan fisik serta perubahan mood.

Secara psikologis, ibu hamil membutuhkan perhatian yang lebih extra dari sebelumnya. Dikarenakan adanya perubahan fisik, mudah merasa lelah dengan beban bayi yang dikandungnya, dsb.

Sehingga ada baiknya keinginan dari ibu hamil diikuti, agar dapat membuat ibu merasa bahagia. Sejatinya hal tersebut dapat dinikmati dan menjadi kebahagiaan dengan telah diberikannya kesempatan menjadi calon ibu bagi anak anaknya.

Penulis: Ray Happyeni
Editor: Ray Happyeni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help