Anak Muda Milenial yang Mau Jadi ASN, 3 Bidang Ini Paling Dicari

Rekrutmen sekarang tidak bisa dibantu oleh para pejabat, tidak bisa dibantu oleh backing-backingnya

Anak Muda Milenial yang Mau Jadi ASN, 3 Bidang Ini Paling Dicari
Tribunsumsel.com/Kolase
waspadai calo ASN 

Laporan wartawan Tribun Sumsel Weny Wahyuni

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Anak muda zaman milenial mendapat kesempatan untuk menjadi abdi negara di Sumatera Selatan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akan membuka rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbagai formasi di kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah (Pemda)

"Jadi dibuka sesuai dengan kebutuhan kementerian, lembaga maupun Pemda," Menteri Menpan RB, Asman Abnurkata Asman usai membuka kegiatan SAIK 2017 di Hotel Novotel Palembang, Rabu (22/11).

Asman melanjutkan dipastikan proses rekrutmen dilakukan secara terbuka, tidak ada yang ditutupi. "Tentu nanti tidak bisa lagi secara tertutup, terbuka seperti yang kita lakukan sekarang," katanya.

Kemudian, sambung Asman bidang yang dibuka pendaftaran calon ASN itu benar-benar yang dibutuhkan, misalnya kesehatan, pendidikan dan hal khusus misalnya infrastruktur.

"Jadi tidak boleh lagi menerima adminstratif yang banyak. Kita fokuskan pegawai-pegawai yang bidangnya dibutuhkan di daerah," ujarnya.

Baca: Waduh, Masih Ada Suami Larang Anak-Istri ke Posyandu

Pertemuan sesama ASN yang tergabung dari kabupaten/kota dan provinsi bahkan biro humas kementerian lembaga kemarin menurut Asman merupakan suatu langkah yang menyatukan visi yang sama dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Semoga ke depan kinerja (ASN) lebih dari baik dari pegawai swasta. Sekarang ASN tidak boleh lagi identik dengan lambat, berputar-putar tetapi harus cepat dan efektif. Ini menjadi fokus dalam memperbaiki sistem. Ke depan saya ingin menyampaikan kita mulai memperbaiki sistem rekrutmen," ungkapnya.

Asman melanjutkan rekrutmen sekarang tidak bisa dibantu oleh para pejabat, tidak bisa dibantu oleh backing-backingnya. Sekarang yang bisa membantu adalah kemampuan calon PNS.

Baca: Zah Rahan Ikut Rahmad Darmawan ke Palembang?

"Jadi dengan tes terbuka ini bisa memperbaiki mutu pegawai negeri . Kita memperbaiki pendidikan dan pelatihannya sehingga nanti profesional. Kemudian kita menempatkan jabatan yang betul-betul sesuai bidangnya. Dengan sistem ini berjalan maka nanti akan dinikmati oleh masyarakat dalam pelayanan publik yang profesional, yang cepat tidak bertele-tele,” terangnya.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan Pemprov Sumsel akan mengajukan ke kementerian terkait dengan perekrutan ASN baru. Dipastikannya pada perekrutan nanti tidak ada unsur titip-titipan.

"Yang pasti tidak ada titip-titipan, jadi benar-benar orang yang kompeten," kata Alex yang tak menyebutkan berapa jumlah yang akan diajukan.

Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Weny Ramdiastuti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help