TribunSumsel/

Widodo : Penerimaan Peserta Didik Baru Bakal Berdasarkan Zonasi

Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan pendidikan menengah Kemendikbud bakal

Widodo : Penerimaan Peserta Didik Baru Bakal Berdasarkan Zonasi
Tribunsumsel.com/Slamet Teguh Rahayu
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel), Widodo 
TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Direktorat Jenderal Pendidikan  dasar dan pendidikan menengah Kemendikbud bakal melakukan kebijakan penyelengaraan pendidikan berbasis zonasi.
Hal tersebut dilakukan guna melakukan pemerataan dan kualitas pendidikan lebih baik lagi, 
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs Widodo mengatakan rencana Direktorat Jenderal Pendidikan  dasar dan pendidikan menengah Kemendikbud ini pun bakal mengatur pengaturan penerimaan peserta didik baru (PPDB ).
"Sebelum kebijakan ini keluar kan sistem  PPDB selama ini masih berwujud kompetisi. Sehingga nantinya akan dilakukan sistem zonasi," ujarnya, Selasa (14/11/2017).
Ia mengatakan sistem zonasi ini maksudnya menerima peserta didik baru berdasarkan zona terdekat dari sekolah tersebut.
"Jadi misalnya sekolah tersebut harus menerima peserta didik yang diutamakan berdomisili didekat sekolah tersebut," ujarnya.
Widodo mengatakan  sistem zonasi 90 persen diperuntukkan bagi siswa yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah.
Lalu 5 persen untuk siswa berprestasi yang berdomisili diluar radius terdekat dari sekolah. Sedangkan 5 persen lagi untuk siswa yang berdomisili diluar radius zona terdekat dengan alasan khusus. 
"Ini akan diberlakukan untuk SMA dan SMK . Dengan Zonasi agendanya 2-3 tahun ke depan sudah semakin merata sekolah favourit itu," katanya.
Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help