TribunSumsel/

Kena Razia, Kalau Pengendara Hafal Nama-nama Ini Gak Bakal Kena Tilang

Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU), melaksanakan razia kendaraan bermotor.

Kena Razia, Kalau Pengendara Hafal Nama-nama Ini Gak Bakal Kena Tilang
TRIBUNSUMSEL.COM/RETNO WIRAWIJAYA
Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU), melaksanakan razia kendaraan bermotor. Operasi Zebra Musi hari terakhir yang dilaksanakan di Taman Kota Depan RSUD dr Ibnu Soetowo Baturaja, Selasa (14/11) berbeda dari biasanya. 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA - Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU), melaksanakan razia kendaraan bermotor.

Operasi Zebra Musi hari terakhir yang dilaksanakan di Taman Kota Depan RSUD dr Ibnu Soetowo Baturaja, Selasa (14/11) . Razia kali ini berbeda dari biasanya.

Tindakan yang dilakukan selain penindakan pelanggaran berupa tilang, pihak kepolisian juga melakukan tindakan preventif bagi pengendara yang melakukan pelanggaran ringan.

Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kasat Lantas Polres OKU, AKP Chandra Kirana Sik menjelaskan.

Pelanggaran ringan atau pelanggaran potensi keselamatan kecelakaan seperti tidak memakai helm dan spion.

"Syaratnya kita tanya kepada mereka menyebutkan salah satu nama pahlawan nasional. Kalau tidak tahu ya tetap kita tilang."

"Kalau mereka bisa jawab tidak kita tilang, tapi hanya sebatas teguran. Mengapa kita lakukan hal ini, dalam rangka momen hari Pahlawan."

"Selain itu dalam melakukan operasi zebra musi ini 80 persen Penindakan, 20 persen yakni tindakan preventif yang bisa memberikan himbauan kepada pengguna jalan," kata AKP Chandra Kirana Sik saat dibincangi Tribun Sumsel, di sela-sela razia.

Pada giat hari ini kata Kasat Lantas menjelaskan, mereka juga menyiapkan Mobil Bank BRI.

Sehingga pengguna jalan atau pengendara yang terkena tilang bisa langsung membayar tilang yang dilakukan melalui e-tilang di mobil layanan Bank BRI.

Pada kesempatan ini juga selain memakai seragam dinas, saat melakukan razia anggota polisi juga ada yang mengenakan seragam adat dan pahlawan.

Hingga di hari 13 kemarin, razia operasi zebra musi, pihaknya mencatat ada 2015 tilang kendaraan bermotor. Terdiri dari 60 persen pelanggaran administrasi, 40 persenya potensi parkir sembarangan.

"Untuk kendaraan yang ditilang atau dikandangkan sekitar 300an unit. Namun sebagian sudah di tebus dan tukar barang-bukti dengan STNK. Rata-rata kendaraan roda dua," jelas Kasat Lantas, dengan adanya operasi zebra selama 14 hari ini, angka kecelakaan juga minim. (rws)

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help