TribunSumsel/

Pegawai Tidak Hadir di Tempat, Berikut Sanksi Berat yang Diberikan

Dalam sidak ini ditemukan beberapa pegawai serta kepala kantor tidak hadir dengan alasan

Pegawai Tidak Hadir di Tempat, Berikut Sanksi Berat yang Diberikan
Tribunsumsel.com/Farlin Addian
Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat saat mengecek absensi di kantor Kelurahan Muara Rupit. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat gelar Inspeksi mendadak (sidak) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna menegakan kedisiplinan pegawai, baik Tenaga Kerja Sukarela (TKS) maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pantauan dilapangan, Senin (6/11/2017) sidak dilakukan sekitar pukul 09:30 dengan mendatangi kantor Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), UPT Pendidikan Rupit, Kantor Lurah Rupit, Kantor Kecamatan Rupit, Sekretaris Dewan dan pembangunan kantor DPRD.

Pada kesempatan tersebut H M Syarif Hidayat langsung menanyakan absensi pegawai serta pimpinan kantor ataupun kepala dinas terkait.

Dalam sidak ini ditemukan beberapa pegawai serta kepala kantor tidak hadir dengan alasan izin keperluan lain.

Orang nomor satu di Kabupaten Muratara itu akan mengumpulkan seluruh jajaranya besok (Selasa, 7/11/2017) di halaman Pemkab setelah melakukan sidak.

"Tadi saya lihat sendiri pada saat apel pagi banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak hadir, jadi akan kita kumpulkan besok," kata Syarif usai sidak.

Dikatakannya, bagi pegawai yang tidak disiplin akan dikenakan sanksi sesuai dengan PP Nomor 53 tentang kedisiplinan pegawai, sehingga yang tidak ikuti aturan bisa dikenakan sanksi pemecatan dari jabatannya.

"Selain itu, bagi TKS secara berturut-turut lima hari tidak hadir langsung dipecat, begitupun PNS akan ditindak sesuai aturan," tegasnya.

Untuk itu, diharapkan setiap SKPD sediakan absensi pagi, siang hingga pulang supaya seluruh pegawai maupun yang honorer bisa disiplin dalam melakukan tugasnya.

Sementara itu, Lurah Muara Rupit, Kecamatan Rupit, Lukman mengatakan pihaknya sudah menyiapkan absensi untuk pegawai maupun TKS supaya ketahuan yang masuk dan tidaknya.

"Untuk lebih disiplin lagi kami juga akan menyediakan absensi siang dan pulang serta mengawasi langsung pada saat jam pulang kantor," ujarnya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help