TribunSumsel/

Pemerintah Sering Kesulitan Salurkan Bantuan ke Korban Banjir, Solusi Ini yang Disediakan

Untuk menyalurkan bantuan jika terjadi banjir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara telah menyediakan tongkang besar yang berkapasitas 19 ton barang.

Pemerintah Sering Kesulitan Salurkan Bantuan ke Korban Banjir, Solusi Ini yang Disediakan
TRIBUNSUMSEL.COM/FARLIN ADDIAN
Inilah tongkang untuk mengangkut barang bantuan jika terjadi banjir bandang di Kabupaten Muratara. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Untuk menyalurkan bantuan jika terjadi banjir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara telah menyediakan tongkang besar yang berkapasitas 19 ton barang.

Lepala Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Muratara, H Zainal Arifin Daud mengatakan telah menyediakan tongkang satu unit yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Walaupun kapasitas 19 ton barang, palingan kita manfaatkan sekitar 15 ton saja," kata H Zainal saat ditanyai Tribunsumsel.com, Rabu (11/10/2017).

Menurut dia, pihaknya menginginkan tongkang yang lebih besar berkapasitas 40 ton barang, namun mengingat jalur sungai di Kabupaten Muratara banyak kayu.

"Kita inginnya tongkang yang besar, tapi karena di sungai daerah kita ini masih banyak kayu selain itu dangkal," ujarnya.

Kemudian disinggung jika tidak cukup satu unit tongkang untuk mengantar barang bantuan pihaknya mengatakan palingan berulang-ulang.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Muratara, paparnya H Devi Suhartoni mengatakan guna menyediakan tongkang tersebut karena berdasarkan pengalaman banjir pada 2016 lalu.

Apalagi sebagian wilayah di Kabupaten Muratara selalu terendam banjir, sehingga saat evakuasi dan penyerahan bantuan sering mengalami kendala dalam penyaluran.

"Dengan adanya tongkang ini maka mengurangi hambatan untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana banjir," kata Devi.

Menurutnya, daerah yang rawan terkena banjir yakni di Kecamatan Karang Dapo dan Rawas Ilir, karena bagian hilir sungai.

"Biasanya banjir juga berdampak dengan harga barang didaerah tersebut misalnya tabung gas 3 kg seharga Rp 25.000 bisa melonjak jadi Rp 70.000," ungkapnya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help