TribunSumsel/

Sekolahan Ini Terancam Hilang, Ternyata Ini Penyebabnya

Bahkan satu kampung di Kelurahan Bingin Teluk dan Desa Beringin Makmur 1 lambat laun semuanya terancam terbawa arus sungai.

Sekolahan Ini Terancam Hilang, Ternyata Ini Penyebabnya
Tribunsumsel.com/Farlin Addian
Gedung SD Negeri 4 Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muratara terancam amblas ke Sungai Rawas. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Gedung SD Negeri 4 Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muratara terancam amblas ke Sungai Rawas.

Pasalnya, tebing yang berada dibelakang gedung SD tersebut semakin hari kian mengalami longsor.

Pantauan di lapangan, saat ini kondisi bangunan gedung SD Negeri 4 Bingin Teluk dan beberapa rumah warga di bantaran Sungai Rawas kondisinya sudah tidak jauh lagi dari pinggir sungai.

Sedangkan keberadaan gedung sekolah tersebut berjarak sekitar 10 meter dari pinggiran sungai, sementara terjangan air terus mengikis tebing.

Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara lamban untuk mengambil tindakan, maka tidak menutup kemungkinan semuanya akan amblas ke Sungai Rawas.

Bukan hanya gedung sekolahan dan rumah warga saja yang menjadi korbannya, melainkan akses jalan rigiet beton yang berada dibantaran sungai pun ikut amblas.

Bahkan satu kampung di Kelurahan Bingin Teluk dan Desa Beringin Makmur 1 lambat laun semuanya terancam terbawa arus sungai.

Memurut Hambali, warga Kelurahan Bingin Teluk pamicu utama cepatnya longsor terjadi dikarenakan adanya aktifitas galian C atau penambangan pasir yang menggunakan mesin dompeng tepat di belakang gedung SD Negeri 4 Bingin Teluk.

"Apalagi derasnya terjangan arus air sungai yang menghantam sehingga sedikit demi sedikit mengupas tebing,” kata Hambali.

Sementara itu, Camat Rawas Ilir, Kabupaten Muratara Suharto mengatakan dana pembangunan talud atau dam bronjong bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau dana pusat.

"Saat ini masih kita tunggu, karena pembangunan dam bronjong tersebut memerlukan dana yang tidak sedikit," ujarnya.

Warga Kelurahan Bingin Teluk, dan Desa Beringin Makmur 1, sangat menanti pembangunan talud atau dam bronjong penahan tebing tersebut agar segera terealisasi.

"Jika tidak, maka seluruh bangunan gedung SD Negeri 4 Bingin Teluk, rumah warga, dan akses jalan yang ada akan amblas ke Sungai Rawas," ungkapnya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help