TribunSumsel/

Bupati Iskandar Siapkan Mobil Layanan Kesehatan Keliling Desa

Menurutnya program ini akan menyasar bayi, balita, Ibu hamil dan lansia mengingat kelompok tersebut sangat rentan dalam hal kesehatan.

Bupati Iskandar Siapkan Mobil Layanan Kesehatan Keliling Desa
Istimewa
Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE meluncurkan program pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) keliling untuk warga OKI. 

KAYUAGUNG-- Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE  meluncurkan  program pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) keliling untuk warga OKI. Langkah ini merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan kesehatan masyarakat serta meningkatkan upaya pencegahan penyakit melalui gerakan masyarakat sehat (Germas).

"Mobil ini digunakan oleh petugas kesehatan untuk keliling ke kampung-kampung, memberi layanan kesehatan dan yang penting mengajak masyarakat untuk hidup sehat  " Kata Iskandar saat menyerahkan mobil layanan keliling untuk Puskesmas Mulyaguna di Desa Kuripan Kecamatan Teluk Gelam, Senin, (18/9/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir, H. M. Lubis, M. Kes mengatakan tahap awal ini pihaknya menyediakan 7 unit mobil pusat layanan kesehatan (Puskesmas) keliling yang didistribusikan ke Puskesmas-Puskesmas se Kabupaten OKI.

“Tahap awal ini ada 7 unit yang kita siagakan untuk menopang pelayanan kesehatan di desa-desa” Ungkap Lubis.

Ketujuh mobil tersebut masing-masing didistribusikan di tujuh Puskesmas, yaitu  Penanggoan duren, Mulya Guna, Jejawi, Sirah Pulau Padang, Pampangan, Air Sugihan Jalur 27 dan Pematang Panggang II.   

Menurut Lubis mobil ini tujuannya untuk memasyarakatkan gerakan hidup sehat ke masyarakat sekaligus mengurangi penumpukan pasien di pusat-pusat layanan kesehatan sehingga membuat perawatan menjadi tidak maksimal. "Yang terpenting adalah kesehatan, bukan perawatan yang lama" katanya.

Menurutnya program ini akan menyasar bayi, balita, Ibu hamil dan lansia mengingat kelompok tersebut sangat rentan dalam hal kesehatan. 

Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help