TribunSumsel/

Pilkada Sumsel

Jelang Pilkada Sumsel, Elektabilitas Tokoh-tokoh Sumsel ini Meningkat, Siapa Saja Mereka ?

Meski masih jauh, namun nuansanya sudah begitu panas terutama empat bulan menjelang proses pengusungan oleh parpol atau gabungan parpol dan pendaftara

Jelang Pilkada Sumsel, Elektabilitas Tokoh-tokoh Sumsel ini Meningkat, Siapa Saja Mereka ?
TRIBUNSUMSEL.COM/Arief Basuki Rohekan
Ishak Mekki 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumatera Selatan akan digelar pada pertengahan Juni tahun 2018 mendatang.

Meski masih jauh, namun nuansanya sudah begitu panas terutama empat bulan menjelang proses pengusungan oleh parpol atau gabungan parpol dan pendaftaran ke KPU.

Para kandidat kini sedang gencar-gencarnya lobby ke atas, bahkan pada satu dua kasus, kampanye di bawah dibiarkan dahulu karena berpikir yang pokok adalah diusung partai politik.

Namun demikian partai politik sendiri justru meminta data perkembangan dukungan di lapangan, hal itu wajar karena dalam pemilihan langsung, keterpilihan calon kepala daerah tergantung pada seberapa ia dikenal, disukai dan dipilih.

c
c ()

Pada akhirnya kunci keberhasilan dan kemenangan kandidat dalam Pilkada ditentukan oleh pemilih. Partai hanya mengantar, partai menjadi kendaraan politik, pemilih yang memutuskan.

Dalam pemilihan langsung suara setiap pemilih mempunyai nilai yang sama. Karena itu kuantitas pemilih menjadi faktor penting dalam Pilkada. Karakteristik demografis, kondisi psikologis dan kecenderungan perilaku pemilih penting untuk diketahui.

Pemahaman mengenai peta pemilih secara objektif pasti diperlukan partai politik dan stakeholder pilkada, demikian juga pengetahuan terhadap aspirasi publik.

Terutama untuk mengetahui sejauh mana keinginan tersebut dapat dimaknai dan disikapi apalagi pada Pilkada Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018 mendatang, Petahana tidak ikut serta karena sudah 2 periode masa jabatan.

Kondisi tersebut membuat kontestasi jadi semakin terbuka bagi para kandidat.

Stratakindo Research and Consulting menggelar survei opini publik pilkada Sumsel 2018 untuk yang ketiga kalinya.

Halaman
123
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help