TribunSumsel/

Berawal Coba Ternak Jangkrik Kini Tiap Bulan Raih Omset Hingga Rp 1 Juta, Pemasaran Luar Provinsi

Jangrik itu sendiri banyak dicari warga selain untuk makanan burung dan ikan peliharaan, juga untuk umpan memancing bagi yang hobi memancing.

Berawal Coba Ternak Jangkrik Kini Tiap Bulan Raih Omset Hingga Rp 1 Juta, Pemasaran Luar Provinsi
TribunSumsel.com/Agung Dwipayana
Arwin saat merawat jangkrik peliharaannya. 

Laporan Wartawan TribunSumsel.com, Agung Dwipayana

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Berawal dari niat untuk menambah penghasilan keluarga, Arwin, warga Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir (OI), mencoba beternak jangkrik secara sederhana di rumahnya.  

Siapa sangka, usahanya yang awalnya coba-coba cukup berhasil, bahkan mampu mengisi kebutuhan jangkrik hingga ke provinsi luar Sumsel seperti Bengkulu, Lampung, Jambi dan Bangka Belitung.

Ditemui di rumahnya di Desa Arisan Jaya, tak jauh dari sisi jalan lintas timur Palembang-Indrajaya, Arwin tampak tengah mengurus ternak jangkriknya pada kotak besar yang berfungsi sebagai tempat menernakan jangkriknya.

Sesekali bapak dua anak ini  menyemprotkan air minum pada jangkriknya yang masih kecil.

Terdapat ribuan jangkrik kecil yang akan tumbuh besar dan siap dijual jika sudah dipanen.

Arwin mengaku memulai usaha ternak jangkriknya sejak tahun lalu karena terdorong dari niat untuk menambah penghasilan keluarganya. 

Arwin lalu membuat kotak berukuran 2 x 1 meter sebanyak 3 buah dan mengisinya dengan dedaunan hijau yang berfungsi sebagai makanan dan tempat hidup jangkriknya.

“Niatnya awalnya untuk membantu penghasilan keluarga,” kata Arwin, Minggu (10/9/2017).

Setelah itu, Arwin membeli bibit jangkrik yang masih berupa telur jangkrik di Palembang dan menaruhnya di sebuah wadah di dalam kotak.

Halaman
123
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help