Alex Noerdin - Mr Sun Ang Konjen RRC Bertemu, Investasi Ini yang akan Dilakukan di Sumsel

Jhonson mengaku bahwa Sumsel saat ini konsen terhadap pembangunan Pelabuhan Tanjung Api Api dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

Alex Noerdin - Mr Sun Ang Konjen RRC Bertemu, Investasi Ini yang akan Dilakukan di Sumsel
tribunsumsel.com/Weni Wahyuny
Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdi kedatangan tamu dari Konsulat Jenderal RRC di Medan Mr Sun Ang bersama dengan beberapa perusahaan besar di Cina di Griya Agung Palembang, Jumat (8/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Weni Wahyuny

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdi kedatangan tamu dari Konsulat Jenderal RRC di Medan Mr Sun Ang bersama dengan beberapa perusahaan besar di Cina di Griya Agung Palembang, Jumat (8/9/2017).

Dewan Penasehat Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Provinsi Sumsel Jhonson mengatakan Konjen RRC di Medan Mr Sun Ang merupakan pejabat yang baru dan hari ini bersilaturahmi dengan orang nomor satu di Sumsel untuk memperkuat persahabatan baik dari ekonomi perdagangan, investasi, sosial dan budaya.

"Tadi sudah dinyatakan akan ada pertukaran kumpulan pejabat, kemudian ada peningkatan SDM kita ke RRC mendapatkan pelatihan-pelatihan," kata Jhonson usai pertemuan.

Jhonson melanjutkan, selain ada pertukaran kumpulan pejabat antara Pemprov Sumsel dan RRC, juga akan ada investasi dibidang infrastruktur yang melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Cina yang sudah Go Internasional, tak hanya di Asia tapi sampai ke Eropa.

"Untuk Sumsel, mereka siap investasi. Jadi ada kerjasama pembangunan, mereka investasi, tanamkan uangnya, berbisnis nah ini yang ditangkap," tambahnya.

Beberapa macam investasi yang direncanakan, sambung Jhonson di bidang power plan, tol, Rail Way, power plan, pelabuhan dan lain sebagainya. Selain itu juga ada pembagunan jalan dan jembatan yang telah dibangun oleh BUMN Cina, diantaranya Jembatan Suramadu, jembatan di Pontianak dan saat ini masih dalam tahap pembagunan adalah jalan tol Karanganyar-Solo.

"Untuk di Sumsel, salah satu rencananya adalah bidang power di desa Rambang Dangku berupa power plan listrik, itu cukup untuk Sumsel. Kalau ada jaringan dibangun, listriknya cukup untuk Sumsel," terangnya.

Jhonson mengaku bahwa Sumsel saat ini konsen terhadap pembangunan Pelabuhan Tanjung Api Api dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk Infrastuktur dan industri-industri.

"Tinggal nanti bagaimana realisasinya dan yang pasti mematuhi peraturan yang berlaku," jelas Jhonson.

Jhonson mengaku saat ini masih dalam tahap awal yang nantinya akan ada pertemuan lagi antara Pemerintah Provinsi Sumsel dengan anggota Group BUMN Cina lebih besar.

"Barulah nanti akan dibicarakan lebih lanjut," tukasnya.

Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved