Pilkada Sumsel

Tren Elektabilitas Ishak Mekki Naik, Alasannya Karena Ini?

Elektabilitas mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) dua periode,yang saat ini menjabat wakil Gubernur Sumsel, sudah menempel ketat terhadap calon-cal

Tren Elektabilitas Ishak Mekki Naik, Alasannya Karena Ini?
Kolase Tribunsumsel.com/ Facebook
Pilgub 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Dukungan kepada Ishak Mekki, yang akan maju sebagai calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), 25 Juni 2018 semakin positif. 

Elektabilitas mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) dua periode,yang saat ini menjabat wakil Gubernur Sumsel, sudah menempel ketat terhadap calon-calon yang tadinya bertenger di posisi teratas.

“Dari survei terakhir yang dilakukan, kenaikkan elektoral Ishak Mekki cukup kuat dan sekarang sudah dalam arsir marjin of error. Artinya, secara statistik, tidak dapat dikatagorikan ada calon yang unggul. Dari temuan survei, antara Ishak Mekki dengan Herman Deru sudah masuk dalam arsir marjin of error. Nama Dody Reza Alex Noerdin dan Syahrial Oesman juga mengalami kenaikkan elektabilitas,” ungkap Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) Arianto dalam konprensi pers bertajuk Melihat Peta Elektoral Calon-Calon Gubernur Sumsel di Hotel Grand Duta Palembang, Minggu (3/9/2017).

Elektabilitas nama-nama calon saat ini, lanjut lembaga LKPI yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini, masih berada dalam tahapan waspada.

Ketika disodorkan lima belas nama calon-calon yang akan maju dalam Pemilukada Sumsel, Ishak Mekki ( 19,4 persen) terpaut tipis dengan Herman Deru ( 19,9 persen). Disusul Dody Reza Alex Noerdin (15,7 persen), Syahrial Oesman (13,6 persen) dan Saifudin Aswari Rivai ( 7,5 persen).

“Secara spontanitas pada pertanyaan terbuka, masih banyak pemilih yang belum memutuskan pilihannya. Namun uji variabel dengan menyodorkan nama-nama calon mulai terdeteksi kenaikkan elektoral. Diantaranya, Ishak Mekki, dan Dody Reza Alex Noerdin tampak menyedot kuat elektoral pemilih," ungkap mantan kordinator Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini dengan lantang.

Survei
Survei ()

Diantara beberapa alasan pemilih menjatuhkan pilihannya kepada ketua DPD partai Demokrat Sumsel ini, diantaranya adalah responden menilai, bahwa tingkat kepuasaan publik pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki, selama menjalankan roda pemerintahan daerah di Sumsel tergolong baik. 

Secara personal, tingkat kepuasaan Alex Noerdin sebagai incumbent ( 74 persen), sementara Ishak Mekki sebagai wakil incumbent memiliki tingkat kepuasaan (68 persen). 

Selain itu, masyarakat menilai duet pasangan Alex Noerdin dan Ishak Mekki dalam merealisasikan janji-janji kampanyenya, selama memimpin Sumsel cukup berhasil. Masyarakat menilai, 68 persen Alex Noerdin dan Ishak Mekki berhasil merealisasikan janji-janji kampanyenya.

“ Selain alasan dua tersebut, masyarakat memberikan raport yang positif terhadap Ishak Mekki.Temuan survei didapat bahwa, sebesar 67 persen Ishak Mekki dinilai masyarakat yakin akan bisa meneruskan pembangunan-pembangunan yang ada di provinsi Sumsel mendatang. Ishak Mekki juga dinilai masyarakat sangat bisa menterjemahkan apa yang diinginkan Alex Noerdin,” ungkap pria yang suka berbaju batik ini.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help