TribunSumsel/

Tidak Disangka SD di Perairan OKI ini Jadi Sekolah Sehat Nasional, Prestasi yang Membanggakan

Selain sekolah sehat Puskesma Air Sugihan juga mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan sebagai Puskesmas Pembina terbaik ungkap Lubis.

Tidak Disangka SD di Perairan OKI ini Jadi Sekolah Sehat Nasional, Prestasi yang Membanggakan
Istimewa
SDN 1 Timbul Harjo yang terletak di Kecamatan Air Sugihan OKI menjadi terbaik III Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional. 

KAYUAGUNG- Tujuh Puluh Dua Tahun Indonesia merdeka bagi Bupati OKI, H Iskandar, SE dimaknai sebagai upaya menunaikan Janji kemerdekaan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan.

"Agar masyarakat yang berada di pinggiran, di pelosok, di desa-desa, di kawasan terpencil merasakan hadirnya pemerintah, merasakan buah pembangunan" ungkap Bupati Iskandar, Kamis, (17/8/2017) lalu.

Harapan dan cita-cita Bupati Iskandar mulai terwujud. Salah satunya dibidang pendidikan dan kesehatan.

Meski berada di wilayah perairan OKI SDN 1 Timbul Harjo yang terletak di Kecamatan Air Sugihan OKI menjadi terbaik III Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional.

Penghargaan Prestisius tersebut diserahkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, M.A di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat, (18/8/2017).

Bupati OKI yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan, H. M. Lubis, M. Kes saat mendampingi kepala sekolah SDN 1 Timbul Harjo mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi bagi sekolah sekolah lain di OKI untuk menerapkan pola hidup sehat di sekolah.

"Terima kasih kepada Tim Pembina UKS setiap jenjang administrasi semoga kegiatan yang terintegrasi ini mempercepat mewujudkan generasi yg sehat dan cerdas. Kata kuncinya mari kita budayakan PHBS dalam kehidupan sehari hari" ungkap Lubis.

Selain sekolah sehat Puskesma Air Sugihan juga mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan sebagai Puskesmas Pembina terbaik ungkap Lubis.

Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional dinilai langsung oleh empat kementerian yang bersama-sama menilai sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Lomba digelar dengan berbagai tahapan di seluruh kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia. Para peserta memperebutkan dua kategori pemenang sekolah kinerja terbaik (best performance) dan sekolah pencapaian terbaik (best achievement).

Empat kementerian yang terlibat yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.

Sebagai pemenang SDN 1 Timbul Harjo dinilai telah berhasil menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat pada siswa-siswanya sejak dini.

Kepala Sekolah SDN 1 Timbul Harjo, Damsi, S. Pd mengatakan bahwa tujuan Lomba Sekolah Sehat ini sejalan dengan visi dan misi sekolah tersebut. "Sesuai dengan visi misi sekolah, menciptakan anak-anak yang sehat jasmani dan rohani," kata Damsi.

"Kita sejak awal selalu berusaha lebih baik lagi. Ternyata dalam UKS itu banyak sekali program-program yang anak-anak dan warga sekolah tidak mengetahui. Seperti bagaimana menjaga kesehatan yang tidak hanya sehat jasmani juga rohani, dan dua-duanya harus seimbang," kata dia.

Lebih lanjut, mengatakan untuk mencapai juara lomba tingkat nasional harus melalui penyisihan beberapa tahapan. "Kita dinilai mulai dari regional kecamatan, sekolahan se Kabupaten OKI, di provinsi dan sampai tingkat nasional," kata dia.

SDN 1 Timbul Harjo memiliki tiga pokok dalam membangun sekolah sehat, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. (Rel)

Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help