TribunSumsel/

Senator Asal Sumsel : Bela Negara Bukti Nyata Cinta dan Jaga NKRI

Hal ini diungkapkan anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Sumatera Selatan, Siska Marleni.

Senator Asal Sumsel : Bela Negara Bukti Nyata Cinta dan Jaga NKRI
Tribunsumsel.com/ Arief B Rohekan
Siska Marleni 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,---Bela negara merupakan sikap, tekad dan perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan dijiwai oleh kecintaan terhadap NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Hal ini diungkapkan anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Sumatera Selatan, Siska Marleni. Iamenegaskan bela negara mendesak dan harus segera dilakukan sebagai bukti nyata cinta dan jaga NKRI.

“Munculnya berbagai radikalisme, premanisme, dan maraknya peredaran narkoba menjadikan bela negara mendesak dan harus segera kita lakukan sebagai bukti nyata cinta dan jaga NKRI”, tegas Siska dihadapan 1.500 mahasiswa baru dan 150 panitia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
UIN Raden Fatah Palembang.

Menurutnya, bela negara diatur dalam konstitusi kita, pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1 yang menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta
bela negara, usaha pertahanan dan keamanan negara.

Siska menambahkan bahwa bela negara memiliki fungsi dan tujuan yaitu merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Mempertahankan negara dari berbagai ancaman.

"Tiga, merupakan panggilan sejarah dan empat, menjaga keutuhan wilayah negara” papar Siska
sembari meriakan salam “Siapa Kita” yang dijawab serentak “Indonesia” oleh audien.

Siska Marleni
Siska Marleni ()

Sedangkan yang menjadi tujuan bela negara, yaitu menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya, mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan juga negara.

“Terdapat delapan manfaat yang diperoleh dari kegiatan bela negara yang secara ringkas sangat bermanfaat bagi individu yang melakukannya serta sumbangsinya terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” ringkas Siska sambil menunjukan delapan manfaat bela negara di layar proyektor.

Diakhir acara Siska memberikan kesempatan bertanya dan menjawab pertanyaan serta memberikan hadiah terhadap lima peserta yang telah berpartisipasi.

“Sebagai ucapan terima kasih saya atas antusiasme, pertanyaan dan jawaban yang telah diberikan, terimalah cinderamata serta jangan dinilai dari bentuk dan nilainya,” harap Siska sambil membagikan hadiah kepada 5 mahasiswa yang telah berpartisipasi.

Diperhujung acara, Siska melakukan foto bersama serta meneriakan salam “NKRI” yang serentak dijawab “Harga Mati” oleh audensi.

Penulis: Ari Wibowo
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help