TribunSumsel/

Polda Sumsel Jadi Percontohan Penanganan Karhutla Untuk Polda Lain

Sehingga, penanganan pemadaman yang dilakukan dapat segera dilakukan secara cepat dengan tujuan api tidak menjalar.

Polda Sumsel Jadi Percontohan Penanganan Karhutla Untuk Polda Lain
Tribunsumsel.com/M Ardiansyah
Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto ketika ditemui di Mapolda Sumsel, Jumat (11/8/2017). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Penanganan antisipasi karhutla yang ada di Sumsel jauh-jauh hari, mendapat respon baik dari Kapolri Jenderal M Tito Karnavian dalam rapat kerja penanganan karhutla di Riau beberapa hari lalu.

Dari penanganan antisipasi karhutla menggunakan teknologi yang dipakai Polda Sumsel, disambut sangat baik Kapolri karena dapat langsung melakukan tindakan pemadaman terhadap munculnya titik api.

"Polda Sumsel menjadi percontohan untuk Polda lain dalam penanganan antisipasi karhutla menggunakan teknologi. Hal itu diungkapkan Kapolri dalam rapat kerja penanganan karhutla di Riau selama dua hari," ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto ketika ditemui di Mapolda Sumsel, Jumat (11/8/2017).

Dengan menggabungkan satelit dari Lapan, BMKG dan beberapa satelit lainnya, Polda Sumsel yang telah membentuk tim pemantau karhutla sehingga selalu dapat memonitor perkembangan munculnya titik api.

Terlebih, satgas yang telah dibentuk dan dipimpin langsung Danrem 044 Gapo, langsung mengambil langkah pemadaman bila ada munculnya titik api.

Sehingga, penanganan pemadaman yang dilakukan dapat segera dilakukan secara cepat dengan tujuan api tidak menjalar.

"Alhamdulillah, tiga hari hujan tidak terpantau titik hotspot. Tetapi, satgas tetap berada di lokasi bila sewaktu-waktu muncul cepat dilakukan tindakan pemadaman. Mudah-mudahan, dalam seminggu bisa turun hujan. Sehingga tidak muncul hotspot," ujar Irjen Agung.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help