TribunSumsel/

Sriwijaya FC

Derby Sumatera Sriwijaya FC Versus Sriwijaya FC Diadili Wasit Asal Australia

Penggunaan wasit asing juga dianggapnya sebagai sebuah upaya untuk lebih meningkatkan kualitas kompetisi di tanah air.

Derby Sumatera Sriwijaya FC Versus Sriwijaya FC Diadili Wasit Asal Australia
Kompas.com
Wasit asal Australia, Shaun Evans.(Dok. A-League) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Karena dinilai berpotensi akan berlangsung sengit dan panas, derby Sumatera yang mempertemukan Sriwijaya FC melawan Semen Padang, Jumat (11/8) malam di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang akan dipimpin oleh wasit asing.

Pengadil asal Australia yang sebelumnya bertugas saat laga Persib melawan PS TNI (5/8) dipastikan akan kembali bertugas di Palembang nantinya.

Adapun wasit asing tersebut yakni Shaun Robert Evans yang bertugas sebagai wasit tengah dibantu rekannya Wilson Kenneth Brown dan George Lakrindis sebagai hakim garis.

Caretaker tim laskar wong kito Hartono Ruslan menyambut baik hal ini dan berharap ada pembelajaran berharga bagi pelaku sepakbola nasional.

“Saya kira sebuah hal yang baik bila besok laga dipimpin oleh wasit asing nantinya. Namun para pemain harus berhati-hati karena karakter wasit luar berbeda dengan Indonesia. Jangan banyak protes dan saya akan wanti-wanti pemain SFC untuk menunjukkan respek kepada mereka, selama ini tidak hanya kepada wasit asing saja karena menurut saya banyak wasit kita yang tidak kalah kualitasnya,” ujarnya saat ditemui Kamis (10/8) sore.

Penggunaan wasit asing juga dianggapnya sebagai sebuah upaya untuk lebih meningkatkan kualitas kompetisi di tanah air.

“Hal ini bagus biar sepakbola kita tambah maju, terlihat juga nanti mana yang fair play atau tidak. Selain itu mereka juga tidak ada kepentingan disini sehingga rasanya lebih netral,” tambahnya.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengatakan wasit dari Australia dan Kyrgyzstan memang didatangkan untuk periode pertama.

Rencananya akan ada tiga periode dan di setiap periode PSSI akan mempekerjakan wasit dari negara berbeda. 

"Pada periode pertama, mereka datang 2 Agustus 2017 dan bertugas sampai 15 Agustus 2017. Selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda," kata Ratu. Adapun di periode perdana, PSSI nantinya mendatangkan dua set wasit yaitu terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit.

Penulis: Haryanto
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help