TribunSumsel/
Home »

News

Penelitian: Wanita Ternyata Bahagia Punya Pasangan "Buruk" Rupa

Tujuannya adalah mencari tahu apakah penampilan menarik seseorang merupakan faktor penentu kebahagiaan dalam hubungan rumah tangga.

Penelitian: Wanita Ternyata Bahagia Punya Pasangan
parenthub.com.au
Ilustrasi pasangan suami istri 

TRIBUNSUMSEL.COM - Bila Anda adalah pria ganteng yang selalu menjaga diri dan berusaha tampil semenarik mungkin, ini barangkali kabar buruk untuk Anda.

Sebuah penelitian ilmiah menyebutkan bahwa banyak perempuan ternyata lebih bahagia dengan pasangan yang tidak lebih menarik dibanding dirinya.

Temuan ini merupakan hasil riset Florida State University yang menganalisa hubungan 113 pasangan yang baru menikah di usia 20-an mereka.

Tujuannya adalah mencari tahu apakah penampilan menarik seseorang merupakan faktor penentu kebahagiaan dalam hubungan rumah tangga.

Penelitian di atas sebenarnya bukan barang baru, karena tahun 2011 laporan dari Journal of Personality and Social Psychology telah menyebutkan bahwa pria biasa dengan istri cantik umumnya memiliki pernikahan yang lebih langgeng dan bahagia.

Nah, temuan terbaru ini mendukung hal itu, di mana banyak perempuan ternyata memang lebih bahagia dengan pria ‘buruk’ rupa.

Untuk sampai pada kesimpulan seperti itu, para peneliti memberi rangkaian pertanyaan pada para partisipan dengan maksud mencari tahu sejauh mana keinginan mereka menjadi sexy dan bagaimana usaha yang dilakukan untuk tampil menarik.

Pada akhir study, ditemukan bahwa perempuan yang memiliki suami menarik ternyata lebih sering khawatir soal penampilan mereka sehingga melakukan banyak usaha seperti diet dan menjaga penampilan.

Mereka juga lebih takut suaminya akan direbut orang lain atau melakukan perselingkuhan.

Sebaliknya, para istri yang memiliki suami standar, alias kurang menarik, tidak terlalu memaksa diri mereka dalam hal penampilan.

Halaman
1234
Editor: Hartati
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help