TribunSumsel/

Buka Lahan Tak Perlu Dibakar, Cukup dengan Begini

Masyarakat hendaknya harus sadar bahwa tugas PT Reki ini memberdayakan sama-sama, tapi jangan lupa tetap menjaga.

Buka Lahan Tak Perlu Dibakar, Cukup dengan Begini
tribunsumsel.com/Weni Wahyuny
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Sigit Wibowo saat menandatangani kesepakatan di ruang rapat Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Weni Wahyuny

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - PT Restorasi Ekosistem Indonesia (Reki) selaku pengelola kawasan hutan restorasi ekosistem (RE) pertama di Indonesia membangun kemitraan kehutanan bersama masyarakat Sungai Kapas Kabupaten Musi Banyuasin di Sumatera Selatan.

Kesepakatan ditandatangani pada Selasa (1/8/2017) di ruang rapat Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel oleh Direktur PT Reki Lisman Sumardjani dan Romli sebagai Ketua Kelompok Tani Hutan Kapas Tengah, yang secara administratif masuk ke dalam Desa Sako Suban, Kecamatan Batanghari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin.

Kemitraan kehutanan ini pertama untuk kawasan Hutan Harapan wilayah Sumsel, meliputi kawasan seluas 60 hektare yang dikelola oleh 13 kepala keluarga atau 48 jiwa.

Kelompok masyarakat Kapas Tengah ini diketuai oleh Romli, yang mulai mencari hasil hutan dan berladang di sepanjang sungai yang merupakan salah satu hulu Sungai Musi sejak 1960-an.

Direkrut operasional PT Reki, Lisman Sumardjani mengatakan tugas PT Reki ada tiga yakni memelihara hutan, memelihara dan menjaga satwa di dalamnya dan memperdayakan masyarakatnya.

"Artinya bagaimana kita ini memberdayakan masyarakat tetap dengan memelihara hutan. Seluruh konsep kita bagaimana tujuan ketiga tercapai bersama, jadi yang kita inginkan memang tugas kita memberdayakan masyarakat itu," katanya.

Berbeda dengan perusahaan, lanjut Lisman PT Reki tidak memproduksi hutan, menebang pun tidak boleh.

Masyarakat hendaknya harus sadar bahwa tugas PT Reki ini memberdayakan sama-sama, tapi jangan lupa tetap menjaga.

Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help