TribunSumsel/

Sejak Terpilih Kades Ini Tidak Pernah ke Kantor, Ternyata Ini Penyebabnya

Dikatakannya, pernah diusulkan agar dibangun menggunakan Dana Desa (DD) namun tidak diperbolehkan karena menyalahi aturan.

Sejak Terpilih Kades Ini Tidak Pernah ke Kantor, Ternyata Ini Penyebabnya
Tribunsumsel.com/Farlin Addian
Beginilah kondisi kantor Kades Muara Batang Empu, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara yang tidak dihuni sehingga ditumbuhi rerumputan hingga setinggi dinding kantor. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA -- Budi Iswadi, Kepala Desa (Kades) Muara Batang Empu, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara ini, sejak terpilih menjadi kades tidak pernah menempati kantornya untuk menjalankan roda pemerintahan.

Pantauan Tribunsumsel.com, Selasa (19/7/2017) memang wajar kades tidak menempati kantornya untuk menjalankan roda pemerintahan karena kondisinya memprihatinkan.

Kantor Kades tidak terawat dan banyak ditumbuhi rerumputan liar hingga setinggi dinding kantor.

Kades Muara Batang Empu, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, Budi Iswadi mengatakan sudah 10 tahun kondisi kantor tersebut tidak menempati karena kondisinya yang rusak berat dan sudah tidak layak dihuni.

"Namun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan pemerintahan di desa dilakukan di rumah saya sendiri," kata Budi Iswadi saat dibincangi.

Gedung tersebut dibangun sejak 1986 lalu hingga saat ini dan setiap ada kerusakan belum pernah dilakukan perehapan sehingga lama kelamaan kondisinya semakin buruk hingga tidak layak difungsikan.

"Kita sudah berkali-kali mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara bahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) langsung agar segera dibangun, namun belum ada hasilnya hingga saat ini," katanya.

Dikatakannya, pernah diusulkan agar dibangun menggunakan Dana Desa (DD) namun tidak diperbolehkan karena menyalahi aturan.

"Kami berharap pelayanan pemerintahan desa ini dapat berjalan di kantor, bukan rumah pribadi ," pungkasnya.

Sementara itu, Linda (24) warga Desa Muara Batang Empu, Kecamatan Karang Jaya, mengatakan memang benar selama ini setiap warga yang berurusan ke pemerintah desa dilakukan dirumah kades.

"Kita berharap kantor kades segera perbaiki supaya kades bisa bekerja di kantor, karena kita sungkan jika harus mendatangi rumah pribadi kades," katanya.

Dikatakannya, memang ada positifnya berurusan di rumah kades karena tidak terpaut waktu dan setiap hari selalu ada, bahkan bisa datang berurusan malam hari.

"Tapi tetap, lebih baik ke kantornya dibanding pelayanan di rumah kades. Karena kalau di rumahnya kita takut mengganggu aktifitas lain," ujarnya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help