TribunSumsel/

Pilkada OKI Siapkan Dana Rp 16 Milyar

Pemberitahuan juga secara tertulis paling lambat 5 bulan sebelum jabatan kepala daerah berakhir.

Pilkada OKI Siapkan Dana Rp 16 Milyar
Sripoku.com/Mat Bodok
Divisi Keuangan, umum, dan logistik KPUD OKI Idham Halik SE MM

KAYUAGUNG – Memasuki pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), masih dalam proses persiapan pelaksanaan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI, secara bertahap dan bersosialisasi ke 18 kecamatan dan 321.

Tahapan persiapan dalam pilkada 2018 mendatang meliputi, pemberitahuan DPRD kepada Kepala Daerah tentang berakhir masa jabatan.

“Pemberitahuan ini dilakukan secara tertulis paling lambat 5 bulan sebelum jabatan belum berakhir,” kata Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP Msi melalui Idham Halik SE MM divisi keuangan, umum dan logistik, Rabu (5/7/2017).

Kemudian, pemberitahuan DPRD Kepala KPUD tentang berakhir jabatan kepala daerah.

Pemberitahuan juga secara tertulis paling lambat 5 bulan sebelum jabatan kepala daerah berakhir.

“Kemudian, perencaan penyelenggaraan yang meliputi penetapan tata cara, jadwal pelaksanaan pilkada,” ujar Idham seraya perencanaan diputuskan dengan ketetapan KPUD paling lambat 14 hari setelah pemberitahuan DPRD dan ketetapan tentang perencanaan disampaikan KPUD kepada DPRD dan kepala daerah.

Kemudian, KPUD melakukan pembentukan panitia pengawas, PPK, PPS, dan KPPS.

Setelah ujar Idham baru pemberitahuan dan pendaftaraan pemantau pemilihan.

“Setelah selesai tahapan persiapan baru kita lanjutkan dengan tahap pelaksanaan,” beber Idham seraya panjang lebar memasuki tahap pelaksanaan baru para bakal calon pemimpin daerah mempersiapkan diri untuk mendaftarkan ke KPUD.

Mengenai tahapan pelaksanaan pilkada, Idham menguraikan sebagai berikut, penetapan daftar pemilih, pendaftaraan dan penetapan pasangan calon, kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, penetapan calon kepala daerah terpilih, termasuk pengesahan dan pelantikan.

Halaman
12
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help