Pertamina Jamin Stok BBM 'Aman Terkendali' saat Puncak Arus Balik

Jelang puncak arus balik Lebaran yang diperkirakan akan terjadi Jumat besok atau pada Sabtu lusa, segala persiapan dilakukan untuk mengantisipasi lonj

Pertamina Jamin Stok BBM 'Aman Terkendali' saat Puncak Arus Balik
Istimewa

INDRALAYA - Jelang puncak arus balik Lebaran yang diperkirakan akan terjadi Jumat besok atau pada Sabtu lusa, segala persiapan dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Termasuk untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar, pihak Pertamina menegaskan siap menyediakan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) ekstra untuk melayani lonjakan pemudik yang jumlahnya tentu akan lebih banyak dibanding hari biasa.

Kesiapan Pertamina ini ditegaskan Sales Executive Retale dan Manajer Operasional Regional II Pertamina Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Galih Pradipto.

Menurutnya, kesiapan Pertamina menyangkut dua hal, yakni kebutuhan BBM dan layanan bagi personal atau pemudik itu sendiri.

"Untuk pasokan BBM, jika di hari biasa rata-rata setiap SPBU menghabiskan 8 hingga 10 ribu liter perhari, selama musim mudik terutama saat puncak arus balik, pasokan BBM disiapkan dua kali lipat, yakni 16 hingga 20 ribu liter," ujarnya saat dibincangi via telepon, Kamis (28/6/2017).

Bahkan menurut Galih, penambahan stok bisa saja terjadi mengingat tingginya permintaan BBM berdasarkan pengalaman pada musim mudik di tahun-tahun sebelumnya.

Namun dirinya mengingatkan para pemudik khususnya yang melewati Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Ogan Ilir, tidak perlu khawatir dengan ketersediaan BBM.

Karena selain stok yang dijamin 'aman terkendali,' armada pengangkut BBM dari Pertamina juga dipastikan siap untuk menyuplai stok BBM tambahan.

"Satu-satunya kendala dalam menyuplai BBM yakni persoalan akses, dalam hal ini kemacetan lalu lintas. Sedangkan pasokan dan stok BBM tidak ada masalah," tegasnya.

Dilanjutkannya, jika stok maupun suplai BBM dipastikan aman, untuk pelayanan bagi pemudik yang akan beristirahat di SPBU juga tentunya sudah disiapkan.

Dikatakan Galih, sama seperti  saat arus mudik, pada saat arus balik, fasilitas bagi pemudik di antaranya musholla, toilet, minimarket dan kantin disiapkan 24 jam.

Fasilitas tersebut disiapkan menyambut lonjakan pemudik saat puncak arus balik.

"Bagi para pemudik yang akan beristirahat di SPBU, karena ini menyangkut fasilitas umum, pihak kami mengimbau agar menjaga fasilitas yang disediakan di SPBU dan menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah yang disediakan," kata Galih mewakili segenap jajaran Pertamina.

Bagi Anda yang akan melewati Jalinsum di Kabupaten Ogan Ilir besok maupun lusa, anda dapat singgah di sejumlah SPBU Pertamina yang disiapkan untuk melayani pemudik dengan pelayanan prima.

Di antaranya SPBU 2430633 kilometer 24 lintas Palembang-Indralaya, SPBU 24306100 kilometer 28 lintas Palembang Indralaya, SPBU 24306137 kilometer 33 lintas Indralaya-Prabumulih dan SPBU 2430626 kilometer 36 kota Indralaya.

Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help