TribunSumsel/
Home »

News

» Sains

Ternyata, Bukan Mesir yang Punya Banyak Piramida Tapi Negara Ini

Jumlah piramida di Mesir sampai sekarang hanya beberapa buah. Perbandingannya 2 kali lipat lebih sedikit dibanding piramida di kota ini

Ternyata, Bukan Mesir yang Punya Banyak Piramida Tapi Negara Ini
istimewa
Piramida Mesir 

TRIBUNSUMSEL.COM - Mesir sejak zaman dulu dikenal sebagai pusat Piramida terbesar di dunia. Kenyataannya, negara ini bukanlah pemilik piramida terbanyak di dunia.

Jumlah piramida di Mesir sampai sekarang hanya beberapa buah. Perbandingannya 2 kali lipat lebih sedikit dibanding piramida di kota ini.

Dilansir TribunTravel.com dari laman thevintagenews.com, piramida terbanyak di dunia ternyata dimiliki negara Sudan di Afrika Selatan.
Jumlahnya mencapai 255 buah.

Keberadaan piramida ini bermula dari sejarah kerajaan kuno di daerah lembah nil yang dikenal sebagai Nubia, yang terletak di Sudan.

Adalah rumah bagi tiga kerajaan selama zaman kuno. Pertama beribukota di Kerma (2600-1520 SM). Yang kedua berpusat pada Napata (1000-300 SM). Kerajaan terakhir berada di sekitar Meroe (300 SM-300 M).

Kerma adalah negara yang tersentralisasi pertama di Nubia dengan bentuk-bentuk adat sendiri seperti arsitektur dan penguburan adat.

Dua kerajaan terakhir, Napata dan Meroe, sangat dipengaruhi oleh budaya, ekonomi, politik, dan militer Mesir.

Kerajaan Kushite, pada gilirannya, bersaing kuat dengan Mesir dalam hal ekonomi dan militer.

Pada 751 SM, raja Kushite, Piankhi menggulingkan Dinasti 24 dan menyatukan seluruh lembah sungai Nil mulai dari delta sampai ke kota Napata di bawah pemerintahannya.

Piankhi dan keturunannya memerintah sebagai firaun dari Dinasti Dua puluh lima.

Halaman
123
Editor: Muhamad Edward
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help