TribunSumsel/

Bentuk Timsel, Seleksi Panwas Harus Berkualitas

Meski dengan waktu yang sempit dan anggaran terbatas, diharapkan seleksi Panitia Pengawas (Panwas) dari tingkat Kabupaten/ kota se Sumsel tetap berkua

Bentuk Timsel, Seleksi Panwas Harus Berkualitas
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF BASUKI ROHEKAN

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,---Meski dengan waktu yang sempit dan anggaran terbatas, diharapkan seleksi Panitia Pengawas (Panwas) dari tingkat Kabupaten/ kota se Sumsel tetap berkualitas. Demikian disampaikan ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel Andika Pranata Jaya, Minggu (11/6/2017).

”Sekali pun kita mengejar efisiensi waktu dan anggaran rekrutmen Panwas, kita berharap kualitas tetap terjamin,” kata Andika selepas orientasi Timsel di Sekretariat Bawaslu Sumsel Jl OPI Raya (samping OPI Mall), Minggu (11/6/2017).

Menurut Andika yang didampingi dua komisioner Bawaslu Sumsel lainnya yaitu Kurniawan dan Zulfikar, pihaknya sendiri telah menetapkan 10 nama anggota tim seleksi panitia pengawas kabupaten/kota terkait pelaksanaan pilkada serentak 2018. Dimana dari 10 tersebut dibentuk dua timsel per wilayah untuk menangani seleksi di 17 Kabupaten/ kota.

"Tim seleksi (timsel) ini akan bekerja selama dua bulan, mulai Juni sampai awal Agustus," jelasnya

Dia mengemukakan, komposisi tim seleksi terdiri dari berbagai profesi yang sebagian besar adalah akademisi, dan pihaknya menjamin tidak ada itu titip-titipan atau nepotisme karena yang memilih dan menjaring panwas adalah tim seleksi yang memiliki integritas tinggi.

"Agustus mendatang, tim seleksi harus sudah menelorkan masing-masing enam orang calon untuk 17/kabupaten/kota, selanjutnya diserahkan kepada Bawaslu Sumsel untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and propertes) agar dipilih 3 besar," ucapnya.

Mengenai syarat menjadi panwas, Andika mengatakan sampai saat ini masih menggunakan UU No 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu, dan masyatakat bisa mendapatkan informasi soal pendaftaran dengan membuka website www.Bawaslusumsel.net

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help