TribunSumsel/

Kodim Kubuklinggau Terbaik Tingkat Madya

Kodim Kodim 0406 Mura, Lubuklinggau, dan aMuratara terpilih sebagai salah satu dari 13 kodim tingkat madya

Kodim Kubuklinggau Terbaik Tingkat Madya
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO HEPRONIS

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL. COM, LUBUKLINGGAU -- Kodim Kodim 0406 Mura, Lubuklinggau,  dan aMuratara terpilih sebagai salah satu dari 13 kodim tingkat madya yang kini sedang dalam proses penilaian oleh tim penilai dari Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat. Penilaian ini didasarkan atas usulan Kodam II Sriwijaya yang menilai Kodim 0406 merupakan yang terbaik di antara kodim lain tingkat madya dalam lomba Binter Tingkat Kodim XX TA 2016-2017.

Ketua Tim Penilai Tahap I Tingkat Madya Kolonel Inf Asrul Sani mengatakan, pihaknya diutus untuk menilai Kodim Lubuklinggau dengan sejumlah kriteria yang telah ditetapkan pusat.

"Kriteria utama itu tertib administrasi. Selain itu ada beberapa pendukung, seperti penilaian kegiatan lapangan baik yang terprogram maupun inisiatif komandan Kodimnya. Namun itu tetap dilihat administrasinya, saya lihat kegiatan di lapangan, staf saya periksa administrasinya. Seperti rencana, laporan, dokumentasi, anggarannya juga berasal dari mana," jelasnya ketika mengunjungi Kodim Kota Lubuklinggau, Kamis (18/5/2017).

Kegiatan yang digelar kodim pun diharapkan dapat melibatkan banyak pihak, seperti masyarakat umum serta sejumlah organisasi yang berada di wilayahnya. Ia menjelaskan, tujuan penilaian ini untuk memotivasi satuan bawah agar terus berinovasi dalam mencari atau melakukan kegiatan yang bermanfaat baik bagi TNI itu sendiri, serta masyarakat luas.

"Inovasinya cukup banyak dan kreatif,  ini bisa sebagai penambah kredit poin. Selain itu, inovasi semisal makanan dan obat, itu sudah didaftarkan izin POM belum? Kalau sudah kan bisa dipasarkan dan menambah penghasilan bagi anggota (TNI)  sendiri," ungkapnya.

Disinggung mengenai peluang Kodim Kota Lubuklinggau mendapatkan hasil terbaik, ia mengaku belum bisa menyampaikannya. Saat ini proses penilaian masih berlangsung dan semua Kodim yang masuk dalam nominasi memiliki peluang yang sama besarnya.

Dari 13 kodim se-indonesia yang dinilai ini, hanya empat terbaik saja yang akan mengikuti penilaian selanjutnya. "Setelah ini masih ada satu tahapan lagi dan hasil akhirnya akan diumumkan pada triwulan keempat," katanya.

Kodim 0406 sendiri sebelumnya sudah melalui dua tahapan penilaian. Tahapan pertama dimulai dari penilaian di Korem Garuda Dempo Palembang yang menyeleksi kodim di bawah jajarannya. Yang terbaik kemudian diusulkan ke tingkat regional dan Kodam II Sriwijaya akhirnya mengusulkan Kodim 0406 untuk menjadi perwakilan di tingkat madya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help