TribunSumsel/

Sumsel Tingkatkan Koordinasi dan Komunikasi Antar Pemerintah Daerah

Gubernur selaku wakil pemerintah pusat berperan aktif dalam mendukung terciptanya penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten/Kota

Sumsel Tingkatkan Koordinasi dan Komunikasi Antar Pemerintah Daerah
Istimewa
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel rapat pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan diwilayah Provinsi Sumsel tahun 2017, Joko Imam Sentosa di Hotel The 101 Palembang, Rabu malam (17/5/2017). 

PALEMBANG - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota guna mengantisipasi kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga dapat diatasi bersama.

Kali ini, Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah menggelar rapat pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan diwilayah Provinsi Sumsel tahun 2017, bersama pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumsel dengan tujuan agar penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan otonomi sesuai UU nomor 2003 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dapat terwujud dengan baik.

Kegiatan dengan topik "Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Kabupaten/Kota" ini dibuka langsung Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Joko Imam Sentosa di Hotel The 101 Palembang, Rabu malam (17/5/2017).

Joko Imam Sentosa mengatakan, Gubernur selaku wakil pemerintah pusat berperan aktif dalam mendukung terciptanya penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten/Kota yang efektif, efisien dan berkelanjutan.

Untuk itu, Joko Imam Sentosa menghimbau kepada para peserta agar mengikuti rapat dengan seksama, karena pertemuan ini salah satu bentuk koordinasi dan komunikasi sehingga menjadi moment tepat untuk saling berdiskusi serta berbagi informasi dan pengalaman selaku penyelenggara pemerintahan daerah.

Menurutnya, semua ini sangat penting dilakukan karna Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Kepala Bagian Keuangan, Inspektoran dan Bappeda di setiap daerah memiliki peran penting dalam pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan Kabupaten/Kota.

"Kalau bisa peserta dari Kabupaten dan Kota harus lebih banyak bertanya agar memahami secara dalam materi yang disampaikan. Selanjutnya, dapat merumuskan rencana tindaklanjut dalam upaya terciptanya pemerintahan berkwalitas di Provinsi Sumatera Selatan," imbuhnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Sumsel, Amsin mengatakan, rapat pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan diwilayah Provinsi Sumsel diantaranya untuk meningkatkan sinergitas perencanaan penganggaran dan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Lanjutnya, kegiatan diisi dengan diskusi dan tanya jawab dengan menghadirkan narasumber pusat dari Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri RI dan Bapenas Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional RI serta narasumber dari Pemerintah Provinsi Sumsel yakni Inspektur Provinsi Sumsel, Kepala Bappeda dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sumsel.

"Rapat berlangsung 17 sampai 19 Mei 2017, Peserta sebayak 68 orang perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota se-Sumsel terdiri dari para Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kabag Tapem, Kepala Bappeda, dan para Inspektur." pungkasnya.

Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help