TribunSumsel/
Home »

Video

Lansia Harus Diberi Ruang Agar Lebih Produktif

Bahkan mereka sangat enerjik dalam lomba senam serta suara mereka dalam bernyanyi juga tak kalah merdu.

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Iswahyudi

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ratusan orang berusia lanjut (lansia) mengikuti berbagai lomba dalam memperingati acara Ulang Tahun Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Sumsel ke 19 tahun di Jalan Kapten Anwar Sastro, eks Kantor Dinas Kesehatan Sumsel.

Lomba yang diikuti yakni lomba tarian lansia, MTQ Lansia, Senam Lansia dan Rebana Lansia.

Humas Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Sumsel, Drs H Son Eswandy, mengatakan bahwa peserta acara tersebut berasal dari kota dan kabupaten di Sumsel.

"Ada banyak perlombaan di acara ini. Tidak hanya ajang silaturahmi tapi juga diharapkan mereka bisa tetap terus sehat dan tidak merasa ditelantarkan," jelasnya.

Eswandy mengharapkan agar lansia bisa tetap berguna dan berkualitas.

"Tapi kenyataannya lansia di Sumsel tidak produktif dan perlu disantuni. Bahkan 20 persen dari jumlah penduduk di Sumsel semuanya lansia. Saat ini jumlah lanjut usia semakin terus bertambah. Apalagi dengan majunya teknologi dan gaya hidup. Para lansia harus dirangkul dan tidak tergantung orang lain," jelasnya.

Beberapa waktu lalu, sekitar 40 anggota LLI Sumsel mengadakan studi banding ke Jawa Barat.

"Saya terkejut saat disana, karena pemerintah peduli dengan para lansia. Bahkan alokasi APBD di Jabar untuk lansia dianggarkan Rp 2 milyar setiap tahunnya. Bandingkan di Sumsel cuma Rp 50 juta per tahun," katanya secara gamblang.

Selain itu menurutnya ada kampung sayangi orangtua di Jawa Barat. Di kampung ini diajarkan cara membuat berbagai keterampilan.

Halaman
12
Penulis: Yohanes Iswahyudi
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help