TribunSumsel/

Puluhan Rumah Ini Nyaris Terjun ke Sungai Akibat Longsor

Bahkan, sebelumnya sudah ada yang longsor terbawa arus sungai, yakni rumah Zainal Abidin Nirom.

Puluhan Rumah Ini Nyaris Terjun ke Sungai Akibat Longsor
tribunsumsel.com/Eko Hepronis
Din saat menunjukkan lokasi ambles di samping rumahnya.

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan tanah di sepanjang aliran sungai Rupit tepatnya di RT 11 kawasan KBM kelurahan Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ambles.

Akibatnya saat ini puluhan  rumah terancam amblas masuk kedalam  Sungai Rupit.

Seorang warga, Din, yang rumahnya nyaris ambles menuturkan, peristiwa longsor ini terjadi pada hari Minggu (14/5/2017) lalu.

Kejadian tersebut menurutnya karena hujan deras.

"Longsor itu di Hari Minggu kemarin sekitar pukul 02. 00 dini hari. Saat warga sekitar sedang istirahat tidur dan saat itu juga sedang hujan deras," ungkapnya pada Tribunsumsel.Com, Selasa (16/5/2017).

Ia mengatakan, sebelumnya sudah pernah juga terjadi longsor pada malam hari dan hujan.

"Sekitar dua bulan lalu berjarak 100 M, dari rumah saya juga longsor. Nah jadi sekarang ini sekitar 20 rumah yang tinggal menunggu ambles ke dalam Sungai Rupit," terangnya.

Ia berharap kepada pemerintah agar dapat memperhatikan nasib masyarakat kawasan KBM yang rumahnya terancam masuk ke dalam sungai.

"Kami sini sangat berharap agar secepatnya dibangun talut penahan tebing, agar kami dapat hidup dengan tenang saat istirahat di dalam rumah tidak seperti sekarang dihantui ketakutan setiap saat, " harapnya.

Sementara, Lurah Muara Rupit, Lukman mengatakan, kondisi itu sudah terjadi dari dulu.

Bahkan, sebelumnya sudah ada yang longsor terbawa arus sungai, yakni rumah Zainal Abidin Nirom.

"Kami sudah mengimbau masyarakat setempat untuk mengungsi ke rumah keluarganya. Karena kemungkinan akan kembali terjadi longsor apabila musim hujan," ucapnya.

Lanjutnya mengatakan pihaknya sudah melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Perumhan Rakyat dan Kawasan Pemukiman dab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang."Bahkan tembusannya sudah kami kirimkan ke Pak Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat, " pungkasnya. (Joy)

 
 

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help